11 Teknik Mengajar Guru Kala Sekarang & 7 Huruf Guru Hebat

Teknik Pembelajaran Abad 21 - Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap sulit dijalani alasannya ialah Sebagai guru yang yang berada pada era kini yang dituntut mempunyai pembaharuan dalam segala hal termasuk dalam hal teknik mengajar ada baiknya kita membuatkan teknik mengajar yang dipakai guru masa kini. sebelumnya admin ingin menjelaskan sedikit ihwal pengertian teknik mengajar.

Adapun teknik pembelajaran sanggup diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Berikut kami bagikan 11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini (pembelajaranabad 21 ) melalui goresan pena dibawah. Selamat membaca

1. Creative
 Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap sulit dijalani alasannya ialah  Sebagai guru yang  11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini & 7 Karakter Guru Hebat

Sebagian guru mengharapkan bahkan mengharuskan siswa berpikir kreatif, tapi pernahkah guru berpikir awal tombak seorang siswa menjadi kreatif ialah dari seorang guru. Seorang siswa terpacu untuk menjadi kreatif sehabis siswa memperhatikan bagaimana seorang guru menjadi kreatif di depan para siswanya. Termotivasi menjadi kreatif sehabis siswa berpikir dan ingin menjadi kreatif ibarat gurunya. Sebagai sorang guru yang menjadi panutan dan bahkan guru sering disebut diguguh dan ditiru merupakan parameter bagaimana kecerdasan siswa atau kreatif siswa dilihat dari seberapa cerdas dan kreatifnya guru yang mengajar mereka.

2. Giving and receiving
 Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap sulit dijalani alasannya ialah  Sebagai guru yang  11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini & 7 Karakter Guru Hebat

Karena tidak ada insan yang tepat di dunia, maka begitu juga dengan siswa tidak ada siswa yang tepat kecerdasannya dan tidak ada guru yang tepat dalam segala hal. Antara siswa dan guru harus saling memahami huruf masing-masing sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara keduanya. Sebagai seorang guru harus memahami setiap huruf siswa yang diajarnya, menghadapi setiap siswa dengan cara yang berbeda-beda alasannya ialah setiap siswa mempunyai kekurangan masing-masing yang harus dimaklumi oleh guru.

3. Overt/extroverted
 Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap sulit dijalani alasannya ialah  Sebagai guru yang  11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini & 7 Karakter Guru Hebat

Ada pentingnya bila diantara siswa dan guru saling terbuka satu sama lain, artinya siswa diperlukan selalu berkata jujur dalam segala hal bila berhadapan dengan guru. Misalnya lebih jujur ketika mereka tidak memahami bahan pembelajaran yang guru jelaskan sebelumnya sehingga guru tidak murka bila menyuruh siswa mengulangi pelajaran sebelumnya. Sifat keterbukaan berkaitan dengan komunikasi yang baik antara guru dan siswa biar menunjang proses pembelajaran terealisasi sesuai harapan.

4. Teaching questioner center

Merasa dihargai merupakan salah satu kunci menjadi nyaman ketika diajar oleh seorang guru, artinya siswa merasa dianggap ada dan ikut terlibat dalam proses pembelajaran, bukan hanya menjadi seonggok insan yang duduk atau tertidur dalam suatu ruangan.

Siswa merasa gembira dan dihargai ketika ia memanggil atau bertanya kepada guru dan mendapat perlakuan atau feedback yang baik dari seorang guru, dengan adanya tanggapan dari guru siswa akan merasa diperhatikan dan terpacu untuk menanyakan hal gres kepada guru.

Sebagai seorang guru haruslah menjadi pendengar dan mesin penjawab yang baik bagi siswa

5. The questioner

Menjadi penjawab yang baik tentunya juga harus menjadi penanya yang baik. Parameter proses pembelajaran berhasil ialah siswa bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan bisa menjawab segala hal yang berkaitan dalam bahan pembelajaran. Salah satu teknik pembelajaran yang ampuh dang sering dilakukan oleh guru ialah dengan sering melontarkan pertanyaan kepada siswa, terutama kepada siswa yang tegolong mempunyai kemampuan daya ingat yang lemah alasannya ialah dengan diajukan pertanyaan para siswa akan merasa terpacu untuk mencari tanggapan atas pertanyaan yang dilontarkan oleh guru.

Bukan hanya bertanya dalam ruang lingkup pembelajaran, seorang guru juga boleh bertanya mengenai keadaan siswa biar terjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa.

6. Sharing

Ilmu, pengetahuan, perkembangan zaman, pembaharuan dunia merupakan hal yang selalu menarik menjadi topik perbincangan antara guru dan siswa. Ilmu pengetahuan yang termuat dalam buku yang dihubungkan dengan perkembangan/penemuan gres yang terkait dengan bahan pembelajaran yang sedang dibahas merupakan makanan yummy yang disenangi oleh siswa alasannya ialah siswa merasa mendapat informasi yang gres bukan hanya informasi dari buku yang baku tetapi juga pengetahuan gres yang didapatkan dari guru.

Seorang guru dituntut untuk selalu update dan mengetahui pembaharuan ilmu pengetahuan yang sedang berkembang sekarang. Sehingga pengetahuan siswa semakin berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

Berbagi ilmu merupakan kiprah utama bagi seorang guru namun membuatkan pengalaman dan solusi dari permasalahan hidup juga diperbolehkan selama itu bisa membentuk huruf baik bagi siswa. artinya selain mencerdaskan otak siswa seorang guru juga bisa membentuk huruf baik dari seorang siswa.

7. Information technology (IT)
 Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap sulit dijalani alasannya ialah  Sebagai guru yang  11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini & 7 Karakter Guru Hebat

Information technology (IT) ialah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu insan dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan/atau menyebarkan informasi. Hal ini juga berlaku dalam duani pendidikan dan ilmu pengetahuan. Seorang guru harus menjadi guru kekinian yang paham teknologi demi menunjang pemabaharuan ilmu pengetahuan dan pengembangan teknik mengajar. Bukan hanya mengandalkan buku, papan tulis dan spidol tapi bisa mengaplikasikan bahan pembelajaran dengan pemanfaatan komputer, proyektor dan internet. Hal ini kemungkinan akan membangkitkan minat berguru siswa alasannya ialah penggunaaan teknik pengajaran berbeda yang menciptakan bersemangat berada di kelas atau ruang belajar. dengan penggunaan komputer dan proyektor bukan hanya memperlihatkan goresan pena namun dikombinasikan dengan gambar (visual), bunyi (audio, musik, instrumen) dan pola konkret dari video.

8. Focus on learning materials

Memfokuskan proses pembelajaran pada tujuan pembelajaran merupakan hal penting yang harus dilakukan guru pada ketika di kelas. Terkadang seorang guru yang memperlihatkan bahan pembelajaran lupa dengan tujuan seorang guru tiba ke kelas. Sebuah kejadian atau kejadian atau bahkan pada ketika meberikan sebuah pola dari bahan menjadi alasan seorang guru melupakan tujuan mereka memberikan bahan pembelajaran. Oleh alasannya ialah itu penting bagi seorang guru menuliskan atau memperlihatkan point-pont pembalajaran pada slide pembelajaran sehingga secara tidak pribadi mengingatkan bahan apa saja yang harus dicapai pada proses pembelajaran.

Teknik Mengajar Guru Masa Kini - download dokumen word

9. Repeat things hard

Hal yang sering dilakukan siswa ketika mereka tidak paham dengan suatu bahan ialah dengan membisu atau bahkan meninggalkan bahan yang mereka anggap sulit dipahami. Inilah pentingnya seorang guru mengetahui materi-materi pembelajaran yang dianggap sulit dan sulit dipahami oleh siswa. seorang guru dilarang segan menanyakan kepahaman siswa terhadap suatu bahan dan para siswa diperlukan tidak takut mengakui ketidakpahaman mereka pada bahan yang sulit.

Mengulangi bahan pembelajaran yang sulit hingga semua siswa memahami mater sulit tersebut merupakan solusi terbaik dari permasaahan ini. Seperti yang dibahas sebelumnya antara siswa dan guru haruslah saling memahami, terbuka, bertanya dan sharing biar ketika terdapat permasalahan bisa diselesaikan dengan banyak sekali solusi dan proses pembelajaran berjalan baik.

10. Discussion

Trik diskusi ialah salah satu teknik yang sering dipakai oleh guru untuk menguji kemampuan verba siswa sekaligus menyebabkan rasa percaya diri siswa untuk tampil di depan kelas. Teknik ini cukup ampuh untuk memancing talenta terpendam yang dimiliki oleh siswa. pada awalnya siswa akan sangat aib untuk tampil dan mengekplor kecerdasannya namun seiring berjalannya diskusi siswa akan terbiasa tampil dan berbicara di khalayak ramai, dengan timbulnya rasa percaya diri siswa tidak akan ragu-ragu lagi untuk memperlihatkan kemampuannya dalam segala hal.

Diskusi kelas bukan hanya acara berdikusi antara beberapa siswa dalam satu kelompok namun pada karenanya akan mempresentasikannya di depan kelas bahkan di depan semua siswa di sekolah. Bukan hanya berdiskusi satu bahasan mata pelajaran dalam bentuk bahan yang akan ditampilkan dalam bentuk slide powerpoint namun dalam hal praktek contohnya seni, olahraga, bahkan strory telling hal ini juga bisa diterapkan.

11. Motivator

Seorang guru yang katanya ialah supersmart alasannya ialah guru dituntut cerdas dan mengetahui segala hal yang ditanyakan siswa ihwal ilmu pengetahuan, selain itu seorang guru juga harus menjadi superangel yang selalu memperlihatkan pola baik, nasehat baik hingga motivasi-motivasi super untuk membentuk huruf baik pada siswa di sela-sela waktu berguru atau proses pembelajaran berlangsung.

Hal ini bukan disebut kiprah komplemen melainkan kiprah utama seorang guru alasannya ialah sangat sulit sekali mendekati siswa yang secara mental sulit untuk diubah sifat jelek siswa. sebagai sorang guru harus menyentuh hati siswa terlebih dahulu sebelum menyentuh otaknya, menundukkan watak jelek siswa dahulu gres menundukkan pikiran siswa. ketika watak jelek dan hati siswa telah bermetamorfosis baik kemungkinan besar proses pembelajaran akan berjalan lancar.

7 Karakter Guru Hebat

Sahabat guru, dikutip dari artikel kompasiana Guru yang berkualitas akan mempunyai huruf yang baik, yang mana perilakunya sanggup ditiru oleh akseptor didik. nah berikut ini ialah tujuh huruf guru hebat yang bisa kami tuliskan.

  1. Mampu melakukan kiprah keprofesian, shg menjadi guru yg memesona;
  2. Mampu merumuskan indikator pencapaian kompetensi yg HOTS;
  3. Menguasai bahan bimbing yg bermakna (what, why, how);
  4. Mampu merancang pembelajaran yg mengintegrasikan TIK;
  5. Mampu menerapkan pemanfaatan TIK dlm pembelajaran, shg siswa mempunyai keterampilan 4C;
  6. Bisa mengevaluasi masukan, proses, & hasil berguru (meningkatkan pembelajaran menurut hasil penilaian);
  7. Dapat menjadi guru yg terus mengembangkan diri secara berkelanjutan (spt melalui penelitian, mencari penemuan baru, dsb). (Sumber: Dr. Praptono, M.Ed (Direktur PG Dikdas)

Demikian 11 Teknik mengajar guru masa kini yang bisa kami tuliskan melalui blog pendidikan ini. Semoga bermanfaat

Buat lebih berguna, kongsi: