Haramkah Pemakaian Cincin Emas Bagi Kaum Laki-laki
Term hadis dikenal sebagai sesuatu yang berasal dari Nabi Muhammad SAW, baik ucapan, perbuatan, taqrir maupun hal ihwal beliau. Melihat dari kedudukannya, hadis merupakan sumber fatwa dan atau pedoman hidup kedua sehabis al-Qur’an. Dengan pernyataan ini insan tentu akan dan harus menjalani hidup yang selaras dan sejalan dengan suara teks kedua pedoman hidup diatas, al-Qur’an dan al-Hadis.
Namun dalam kenyataannya, sering terjadi “kontra” antara realita dengan buyi teks yang ada baik itu disebabkan lantaran faktor pemahman terhadap teks itu sendiri ataupun tradisi yang sudah mengakar lekat menemani dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja, salah satu contoh yang akan dipaparkan dalam goresan pena ini yaitu “Teks hadis” yang sudah diakui dan popular sebagai hadis Rasulullah SAW mengenai pelarangan Nya atas pemakaian cicncin emas namun pelarangan ini terkhususkan bagi kaum pria saja dan dibolehkan bagi perempuan. Namun disisi lain, fenomena yang sudah ada dan menempel dihati dan relung kehidupan masyarakat mirip “Mahar” dengan tukar cincin, pemakaian cincin dengan motif-motif yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, dan hal inilah yang menjadi objek kajian dalam goresan pena ini.
Dengan melihat fenomena diatas Sedikit tidaknya ada beberapa Rumusan problem yang hendak dijawab dalam makalah ini diantaranya Mengapa ada pembedaan antara pria dengan perempuan dalam pemakaian cincin? bagaimana respon masyarakat dan para ulama’ mengenai hal ini?? Apa solusi sekaligus sebagai Kontribusi bagi pengembangan akademik yang ditawarkan?
Untuk mendapat pemahaman yang utuh, ada beberapa langkah kerja metodologi yang penulis gunakan; Menentukan hadis yang akan dikaji, Uji validitas baik dari segi kwalitas dan kwantitasnya, pemaknaan terhadap matan hadis dengan banyak sekali analisis dari fariasi lafaz, konteks sosio historis, mengaitkan kandungan makna hadis tersebut dengan konteks relita kekinian (kontekstualisai) dan yang terakhir dengan menangkap makna universal dari hadis tersebut yang dikenal dengan istilah Maqasid as-Syari’ah.
a. Hadis yang dikaji maknanya
Dalam memilih hadis yang dijadikan teladan dari puluhan hadis semakna yang mungkin diketemukan, penulis mengutamakan hadis yang matannya telah masyhur diketahui dan sanggup diketemukan dalam Shahih al Bukhari Kitab Al-Libas, Bab Khawatim Al-Zahab, Nomor: 5414
Secara lengkap, redaksi hadis tersebut berbunyi :
حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا أَشْعَثُ بْنُ سُلَيْمٍ قَالَ سَمِعْتُ مُعَاوِيَةَ بْنَ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ قَالَ سَمِعْتُ الْبَرَاءَ بْنَ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ نَهَانَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ سَبْعٍ نَهَانَا عَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ أَوْ قَالَ حَلْقَةِ الذَّهَبِ وَعَنْ الْحَرِيرِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالدِّيبَاجِ وَالْمِيثَرَةِ الْحَمْرَاءِ وَالْقَسِّيِّ وَآنِيَةِ الْفِضَّةِ وَأَمَرَنَا بِسَبْعٍ بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَرَدِّ السَّلَامِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَإِبْرَارِ الْمُقْسِمِ وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ
Artinya: “Telah bercerita kepada kami Syu’bah telah bercerita Asy’asy bin Salim Ia berkata Aku mendengar mu’awiyah bin Suwaid bin Muqarrin Ai berkata Aku telah mendengar al-Barra’ bin ‘Azib Rhadhiyallahu ‘Anhuma Dia berkata Rasulullah telah melarang kami dari tujuh perkara, dia melarang kami menggunakan cincin dari emas dan sutera, ….(HR al-Bukhari)[1]
b. Cek kuantitas Hadis: Takhrij al-Hadis
Setelah dilakukan proses takhrij berkenaan dengan tema hadis diatas, terdapat beberapa hadis yang “dikatakan setema” namun dengan varian-varian berbeda: diantaranya:
a. Sunan al-Tarmizi,
Ø Kitab Al-Adab ‘An Rasulillah, kepingan Ma Ja’a Fi Karahiyah al-libas, nomor hadis 2733
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ وَعَبْدُ الرّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ قَالَا حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ الْأَشْعَثِ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ أَمَرَنَا بِاتِّبَاعِ الْجَنَازَةِ وَعِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَإِبْرَارِ الْقَسَمِ وَرَدِّ السَّلَامِ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ عَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ أَوْ حَلْقَةِ الذَّهَبِ وَآنِيَةِ الْفِضَّةِ وَلُبْسِ الْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالْقَسِّيِّ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَأَشْعَثُ بْنُ سُلَيْمٍ هُوَ أَشْعَثُ بْنُ أَبِي الشَّعْثَاءِ اسْمُهُ سُلَيْمُ بْنُ الْأَسْوَدِ
Ø Kitab Al-Libas ‘An Rasulillah kepingan Ma Ja’a Fi rukubi al-Miyatsar No: 1682
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ حَدَّثَنَا أَبُو إِسْحَقَ الشَّيْبَانِيُّ عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ نَهَانَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ رُكُوبِ الْمَيَاثِرِ قَالَ وَفِي الْحَدِيثِ قِصَّةٌ قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ وَمُعَاوِيَةَ وَحَدِيثُ الْبَرَاءِ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رَوَى شُعْبَةُ عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ نَحْوَهُ وَفِي الْحَدِيثِ قِصَّةٌ
b. Sunan An-Nasa’i
Ø kitab al-Ziynah, Bab Dzakara al-Nahyu ‘An al-Tsiyab al-Qasiyyah no: 5214
أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ مَنْصُورٍ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدٍ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ نَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمِ الذَّهَبِ وَعَنْ آنِيَةِ الْفِضَّةِ وَعَنْ الْمَيَاثِرِ وَالْقَسِّيَّةِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالدِّيبَاجِ وَالْحَرِيرِ
Ø Kitab al-Janaiz Bab Al-Amru bi al-Tiba’ al-janaiz No: 1913
أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ مَنْصُورٍ الْبَلْخِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو الْأَحْوَصِ ح وَأَنْبَأَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ فِي حَدِيثِهِ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ عَنْ أَشْعَثَ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدٍ قَالَ هَنَّادٌ قَالَ الْبَرَاءُ بْنُ عَازِبٍ وَقَالَ سُلَيْمَانُ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ أَمَرَنَا بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَإِبْرَارِ الْقَسَمِ وَنُصْرَةِ الْمَظْلُومِ وَإِفْشَاءِ السَّلَامِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ وَنَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمِ الذَّهَبِ وَعَنْ آنِيَةِ الْفِضَّةِ وَعَنْ الْمَيَاثِرِ وَالْقَسِّيَّةِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ
c. Musnad Ahmad bin Hanbal
Ø Kitab Awwalu Musnad al-kufin kepingan Hadis Al-barra’ bin ‘Azib no: 17773
حَدَّثَنَا بَهْزٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا الْأَشْعَثُ بْنُ سُلَيْمٍ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ قَالَ فَذَكَرَ مَا أَمَرَهُمْ مِنْ عِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَرَدِّ السَّلَامِ وَإِبْرَارِ الْمُقْسِمِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَنَهَانَا عَنْ آنِيَةِ الْفِضَّةِ وَعَنْ خَاتَمِ الذَّهَبِ أَوْ قَالَ حَلْقَةِ الذَّهَبِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَالْمِيثَرَةِ وَالْقَسِّيِّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنِ الْأَشْعَثِ بْنِ سُلَيْمٍ فَذَكَرَ مَعْنَاهُ إِلَّا أَنَّهُ قَالَ تَشْمِيتِ الْعَاطِسِ
Ø Kitab Awwalu Musnad al-kufin kepingan Hadis Al-barra’ bin ‘Azib no: 17801, 17900
حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الشَّيْبَانِيُّ عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَى عَنْ سَبْعٍ قَالَ نَهَى عَنْ التَّخَتُّمِ بِالذَّهَبِ وَعَنْ الشُّرْبِ فِي آنِيَةِ الْفِضَّةِ وَآنِيَةِ الذَّهَبِ وَعَنْ لُبْسِ الدِّيبَاجِ وَالْحَرِيرِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَعَنْ لُبْسِ الْقَسِّيِّ وَعَنْ رُكُوبِ الْمِيثَرَةِ الْحَمْرَاءِ وَأَمَرَ بِسَبْعٍ عِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَرَدِّ السَّلَامِ وَإِبْرَارِ الْمُقْسِمِ وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَن أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَن مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ أَمَرَنَا بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَإِفْشَاءِ السَّلَامِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَإِبْرَارِ الْقَسَمِ وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَنَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمِ الذَّهَبِ وَآنِيَةِ الْفِضَّةِ وَالْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالْمَيَاثِرِ الْحُمْرِ وَالْقَسِّيِّ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ عُمَرُ بْنُ سَعْدٍ عَن سُفْيَانَ مِثْلَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ إِفْشَاءَ السَّلَامِ وَقَالَ نَهَانَا عَنْ آنِيَةِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَن أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَن مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ أَمَرَنَا بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ وَإِجَابَةِ الدَّاعِي وَإِفْشَاءِ السَّلَامِ وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ وَإِبْرَارِ الْقَسَمِ وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ وَنَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمِ الذَّهَبِ وَآنِيَةِ الْفِضَّةِ وَالْحَرِيرِ وَالدِّيبَاجِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالْمَيَاثِرِ الْحُمْرِ وَالْقَسِّيِّ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ عُمَرُ بْنُ سَعْدٍ عَن سُفْيَانَ مِثْلَهُ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ إِفْشَاءَ السَّلَامِ وَقَالَ نَهَانَا عَنْ آنِيَةِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ
d. Ibnu Majah
Ø Kitab Ibrar al-Muqsim kepingan al-Kaffarat No: 2106
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ عَلِيِّ بْنِ صَالِحٍ عَنْ أَشْعَثَ بْنِ أَبِي الشَّعْثَاءِ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ سُوَيْدِ بْنِ مُقَرِّنٍ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِإِبْرَارِ الْمُقْسِمِ
Cek Kualitas Hadis: Kritik Sanad dan Matan perihal Cincin Emas bagi Laki-Laki
Hal yang fundamental yang harus diketahui para pengkaji hadis sebelum memahami suatu teks hadis yaitu uji validitas suatu hadis, dalam hal ini yang dimaksudkan yaitu apakah teksnya sudah mencukupi syarat sebuah hadis itu shahih dan minimal hasan, dan apakah perawi-perawi yang meriwayatkannya itu terpercaya dan sanggup terbukti bersambung kepada sumber utama hadis; Nabi SAW.
Dengan hal ini, penulis mencantumkan keadaan perawi sesuai yang tertera dalam jadwal CD Mausu’ah al-Hadis al-Syarif
Kwalitas rawi dan ketersambungan sanad
1. Adam yang merupakan sanad pertama dari hadis ini memilki nama lengkap adalah: Abdurrahman Muhammad, namun dikatakan pula Nahiyah bin Syu’aib al-khurasany al-Marruziy, laqab: Abu Hasan al-‘Asqalani. Ia meriwayatkan hadis dari beberapa orang ternama, dan salah satu diantaranya yaitu Syu’bah bin Hajjaj (sanad ke -2). Namun Ia juga memilki banyak murid dan salah satu diantaranya yaitu Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim al-Mughirah bin bardizbah al-Ju’fiy al-Bukhari (Mukharrij al-hadis). Penilaian Ulama’: tsiqah, La Ba’sa bihi.[2]
2. Syu’bah bin Hajjaj bin al-Wardi al ‘Ataki al-Azdi. Laqab: Abu Busthami al-Wasathi. Guru-guru: salah satunya: ‘Asy’asy bin Salim. Penilaian Ulama’: Tsiqah, ‘Adl
3. Mu’awiyah bin Suwaid bin muqarrin al-Muzaniy. Laqab: Abu Siwaid al-Kufi. Salah satu gurunya adalah: Al-barra’ bin ‘Azib. Penilaian Ulama: Ibnu Hibban: Tsiqah
4. Al-Barra’ bin ‘Azib bin Harits bin ‘Adiy bin Majda’ah bin al-Harisah bin al-harits bin al-Khazraj bin ‘Amri bin Malik bin al-Aus al-Anshariy; Sahabat.
Dari data di atas, jelaslah bahwa Hadis ini terpercaya ruwwat-nya. Sedang dalam ketersambungannya hadis ini termasuk yang marfu’ muttashil, Oleh karenanya, hadis ini memenuhi syarat untuk dikaji lebih lanjut.
Kritik Matan; Sebuah pemahaman
Sebagai umat muslim, dituntut untuk meyakini bahwa yang berhak menghalalkan dan mengharamkan hanyalah Allah dan Nabi SAW, lantaran segala yang dihalalkan dan diharamkan Rasulullah SAW itu berasal dari Allah SWT[3]. Maka inplikasinya barang siapa yang inkar kepada Rasul begitu juga Ia telah inkar kepada Allah SWT. Dan tidak dibenarkan sesorang menghalalkan sesuatu tanpa izin Allah kecuali ada dalil syara’ yang sudah membolehkan.
Kaitannya dengan hadis diatas, sanggup ditangkap bahwa suatu ketika Rasulullah SAW melarang dan menganjurkan sahabat untuk mengenakan tujuh masalah diantaranya yakni menggunakan cincin emas, menggunakan sutera, minum dari baskom emas, dan menganjurkan juga tujuh perkara; menjenguk orang sakit, mengikuti jenazah, menjawab bersin, menjawab salam, memenuhi seruan dan menolong orang yang teraniaya.
Upaya memahami hadis diatas kami mencoba menampilkan beberapa pendapat ulama’ perihal hadis pengharaman atas pemakaian cincin” diatas :
ü Ibnu Ruslan dalam “Syarah As-Sunan” ……”Cegahan menggunakan emas yang dimaksudkan yaitu emas yang banyak, adapun yang kecil-kecil dan sedikit umpamanya sebagai cincin atau sebentuk subang dan mata pedang tiadalah diharamkan, namun yang diharamkan yaitu yang banyak sebagai materi pamer sebagaimana yang sering dilakukan oleh kaum-kaum hartawan feudal.
ü Al-Khattabi dalam “Mu’alimussunan”: “ Kebolehan menggunakan emas yang kecil itu hanaya bagi perempuan namun kalau pria banyak maupun sedikitnya tetap diharamkan.[4]
ü Al-Hafidz ibnu Qayyim berkata: …..“ Aku telah mendengar Syaikhul Islam Ibnu Taymiyah berkata: Hadis Mu’awiyah yang membolehkan kita menggunakan emas kecil-kecil itu bermaksud membolehkan kita meletakkan emas pada benda yang bukan emas umpamanya untu menjadi tanda, dan bukanlah dimaksud boleh menggunakan emas dalam bentuk cincin atau yang lainnya “ bangkit sendiri” Ibnu Taymiyah beropini demikian disebabkan Ia memegang hadis yang diriwayat kan Ahmad bin Hanbal dari “Barang siapa berhias dengan sepotong emas walaupun kecil-kecil maka kelak mukanya akan digosokkan dineraka dengan emas yang dia pakai……” (al-hadis)
Dari beberapa pendapat yang ditawarkan ulama’ diatas, berdasarkan penulis apaya yang ditawarkan Imam al-Khattabi yang menghususkan pembolehan (hanya menggunakan yang kecil-kecil saja) kepada perempuan sanggup menghilangkan makna hadis lantaran banyak hadis yang telah menyatakan pembolehan terhadap perempuan, sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i:
أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا
Dihalalkan menggunakan emas dan sutera bagi perempuan dari ummatKu dan diharamkan keduanya (emas dan sutera) bagi laki-laki[5]. Begitu juga argumen yang dilontarkan Imam Al-Hafidz ibnu Qayyim yang mencantumkan hadis riwayat Imam ahmad diatas tidak diakui akan keshahihannya dari kalangan lebih banyak didominasi ulama’ hadis. Dengan ini penulis berkesimpulan lebih cocok dan sependapat dengan pendapat yang dilontarkan oleh Ibnu Ruslan, yakni pengharamannya yang dikarenakan oleh adanya sifat riya’ dan sombong yang nantinya timbul dihatinya, lantaran kemewahan yang dipakai.
Keharaman Cincin bagi Laki-laki: Analisis Sosio-Historis
Diantara banyak hadis yang mengatakan pelarangan, ada beberapa hadis yang terlacak dan ternyata seolah melegitimasi kebolehan penggunaan terhadap cincin emas bagi lak-laki, perhatikan hadis berikut:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ أَبِي رَافِعٍ يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ فَسَأَلْتُهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ جَعْفَرٍ يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ وَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَخَتَّمُ فِي يَمِينِهِ[6]
“Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani’, telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun dari Hamad bin Salmah telah berkata Aku telah melihat Ibnu Abi Rafi’ mengenakan cincin pada (jari) kanannnya dan saya bertanya perihal problem ini, dan ibn Abi Rafi’ berkata : Aku telah melihat Abdullah bin Ja’far mengenakan pada (jari) kananya, dan berkata Abdullah bin Ju’far, Nabi Muhammad saw. mengenakan cincin pada jari kanannya. (HR.Tirmidzi).
Secara general hadis ini menandai adanya tradisi mengenakan cincin pada masa Rasul, hal ini digambarkan kontradiksi sahabat perihal apakah Nabi mengenakan cincin pada jari tangan kanan ataukah jari pada tangan kiri. Pertentangan apakah Rasul menggunakan cincin pada tangan kanan ataupun pada tangan kiri, sebagaimana dikatakan oleh al-Dawudiy yang beropini bahwa menggunakan cincin pada tangan kiri yaitu kebiasaan Ahl-al-Madinah. Jika ini yaitu kebiasaan ahl-al-Madinah maka timbul pertanyaan, bahwa sahabat, juga tabi’in sebagian mereka yaitu ahl-Madinah tetapi tetap menggunakan cincin pada tangan kanan. Tentang hal ini al-Bayhaqi dalam al-Adab beropini dengan mengutip riwayat ibn umar dengan mengumpulkan antara kedua hadis yang bertentangan ini beropini bahwa cincin yang dikenakan oleh Sahabat juga tabi’in pada tangan kanan yaitu emas sedang pada tangan kiri yaitu dari materi perak.[7]
Menurut penulis, Kita mesti kembali kepada bara’atul ashliyah (kembali kepada aturan asal) yakni bolehnya menggunakan cincin selain emas, baik itu besi, kuningan, dan perak, atau logam lainnya walau berharga tinggi. Bertolak dari sini sudah sanggup dipastikan bahwa cincin emas dan pengharamannya dikarenakan adanya ‘illat yang menyebabkannya. Sejauh penelitian penulis hadis mengenai pelarangan menggunakan cincin emas bagi pria tidak mempunyai asbab al-Wurud yang khusus. Sementara jikalau kita melihat situasi-kondisi pada ketika itu sangat memungkinkan jikalau larangan yang dilontarkan oleh Nabi dilatar belakangi oleh hal-hal berikut:
a) Cincin emas yaitu simbol kemewahan yang berpotensi untuk mengakibatkan kesombongan (Khuyala’).
b) Emas yaitu identik dengan perempuan. Dan Islam melarang pria mirip perempuan dalam hal-hal yang memang hanya spesifik untuk perempuan saja.
c) Pada masa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam dan hingga beberapa generasi berikutnya, emas dan perak yaitu jenis mata uang yang kita kenal dengan dinar untuk emas dan dirham untuk perak. Dari sini sanggup dibayangkan jikalau kaum laki-lakipun menggunakan emas untuk menghias dirinya, yang memungkinakan berakibat tidak ada lagi materi untuk membuat mata uang yang akan memudahkan mereka dalam bertransaksi.
Perihal problem tersebut diatas yakni ‘Illat yang diajukan. Menurut Yusuf al-Qaradhawi untuk memahami hadis Nabi, sanggup dengan memperhatikan sebab-sebab khusus yang melatar belakangi diucapkannya suatu hadis, atau terkait dengan suatu ‘illah tertentu yang dinyatakan dalam hadis tersebut atau sanggup dipahami dari insiden yang menyertainya . Hal ini mengingat bahwa hadis Nabi menuntaskan pelbagai problem yang bersifat lokal (Maudhu’i), partikular (Juz’i) dan temporal ( ani’). Dengan mengetahui hal tersebut, seseorang sanggup melaksanakan pemilahan antara apa yang bersifat khusus dan yang umum, yang sementara dan yang abadi, antara yang partikular dan yang universal. Semuanya itu mempunyai hukumnya masing-masing.
Dengan demikian jikalau kita merujuk pada pendapat Yusuf al-Qardhawi, apabila kondisi telah berubah dan tidak ada lagi ‘illah, maka aturan yang berkenaan dengan suatu nashakan gugur dengan sendirinya. Hal ini sejalan dengan kaidah “ suatu aturan berjalan seiring dengan ‘illah-nya, baik dalam hal ada maupun tidak adanya “. Begitu pula terhadap hadis yang berlandaskan suatu kebiasaan temporer yang berlaku pada zaman Nabi dan mengalami perubahan pada masa kini, maka yang dipegangi yaitu maksud yang dikandungnya dan bukan pengertian harfiyahnya.[8]
Kontekstualisasi Pemakaian Cincin Emas Bagi Kaum Laki-laki
Kehidupan modern telah mengakibatkan rumitnya mode pakaian dan upaya menghias diri. Umat muslim sebetulnya sanggup mengenakan pakaian apa saja dan bebas menghias diri asalkan tidak menjurus kepada pemborosan ataupun kesombongan. Ada sebuah hadis yang menyatakan: “makanlah apa yang kamu ingini dan kenakanlah pakaian yang kamu ingini, selama kamu menghindar dari dua hal: pemborosan dan kesombongan.[9] Hal ini berdasar pada hadis Nabi SAW:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَإِبْرَاهِيمُ بْنُ دِينَارٍ جَمِيعًا عَنْ يَحْيَى بْنِ حَمَّادٍ قَالَ ابْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ حَمَّادٍ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَبَانَ بْنِ تَغْلِبَ عَنْ فُضَيْلٍ الْفُقَيْمِيِّ عَنْ إِبْرَاهِيمَ النَّخَعِيِّ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ[10]
Artinya: “Tidak masuk nirwana orang yang dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi. Seorang pria berkata, ada orang ingin bajunya manis dan sandalnya bagus. Nabi Saw. bersabda, sesungguhnya Allah Maha Indah dan menyukai keindahan. Kesombongan itu mengingkari kebenaran dan menghina orang lain.” (HR. Muslim)
Emas yaitu salah satu dari barang yang sanggup dijadikan sebagai penghias diri. Akan tetapi, berdasarkan Sunnah Nabi, Emas, sebagai perhiasan, diharamkan bagi kaum pria dan tidak bagi kaum perempuan. Hal ini menjadi pertanyaan besar, mengapa tidak boleh bagi kaum pria dan diperbolehkan hanya bagi perempuan.
Dilatari hal ini penulis mencoba untuk mencari tanggapan dari pertanyaan tersebut, untuk sementara, dengan memeriksa dua aspek yang mungkin mensugesti tercetusnya fatwa tersebut dari Nabi Saw. Dua aspek tersebut adalah:
1. Ekonomi
Emas yaitu instrumen ekonomi yang paling bau tanah dan kekal sepanjang sejarah manusia. Emas dipersepsikan bernilai dan sangat disukai setiap zaman. Kedudukan emas yang istimewa dihadapan insan bukan lantaran insan yang menetapkannya, tetapi insan mengikuti ketetapan dari Pencipta Alam ini.
Firman Allah dalam Surat Ali Imran ayat 14 berbunyi:
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآَبِ
Artinya: “Dijadikan indah pada (pandangan) insan kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah daerah kembali yang baik (surga)” [11]
Jelas sudah bahwa kecintaan insan kepada emas dan perak bukan tidak berdasar. Dan ayat ini pun telah mengatakan kepada kita Umat yang gres lahir ini untuk mengikuti dan menjalankan urutan-urutan investasi yang dimulai dari Investasi Istri Solehah, Investasi Anak Soleh dan yang ketiga Investasi Emas. Urut-urutan inipun bukanlah dari penulis tetapi juga dari yang membuat Alam Semesta ini. Dan jikalau ada teori/produk Investasi yang tidak didasarkan dengan Al Alquran dan As Sunnah , maka sanggup dibilang teori dan produk investasi tersebut tidak akan lama.
Melihat kedudukan emas yang begitu istemewa dalam perekonomian sedangkan hasil pertambangan emas di negara-negara Arab tidaklah tinggi, maka pelarangan pemakaian emas pun tidak sanggup dihindari. Pelarangan berlaku untuk kaum pria supaya pemakaian emas tidak menjadi sebuah musim dalam masyarakat. Jika kaum pria banyak yang mengenakan emas maka hal ini akan cepat menjadi sebuah trend. Sebab dahulu yang selalu terexpose yaitu kaum laki-laki, dalam pergaulan di masyarakat, peperangan, dan sebagainya. Pemakaian emas oleh pria juga sanggup mengancam keselematan harta. Misalnya, dalam peperangan yang kalah, selain akan mempersulit pertarungan, emas yang dikenakan oleh para prajurit juga sanggup menjadi harta rampasan.
2. Sosial
Emas yaitu barang yang begitu istemewa sehingga untuk mendapatkannya sangatlah sulit. Perlu banyak alat untuk menggali atau menambangnya. Perlu banyak uang untuk membelinya. Sehingga bagi yang punya cukup alat atau uang akan merasa kedudukannya lebih tinggi dari oarang biasa. Hal ini sanggup mengakibatkan kesenjangan sosial dalam masyarakat.
Dua aspek tersebut tentu yang ada dalam kondisi masyarakat Makkah atau Madinah pada zaman dahulu. Jika kita tarik ke kondisi Indonesia pada ketika ini, maka sudah sepatutnya jikalau fatwa sanggup berubah. Indonesia yaitu Penghasil Emas terbesar ketujuh dunia dan negara yang mempunyai kandung emas terbesar dunia.[12]
Saat ini fungsi emas juga semakin bertambah dan semakin diminati. Antara lain lantaran selain emas sebagai komplemen dan merupakan alat pembayaran yang tidak akan terganti hingga kapanpun, Emas juga digunakan pada alat-alat elektronik lantaran emas sanggup menjadi alat penghantar yang baik dibandingkan logam lainnya sehingga ia menjadi sebuah teknologi canggih.
Terlepas dari larangan pemakaian emas oleh kaum pria dari hadis Nabi Saw, sebetulnya keistimewaan yang dimiliki emas kini membuat masyarakat Indonesia disarankan supaya berinvestasi emas walaupun hanya 1 gram emas logam.
Kesimpulan
Dalam upaya menggali makna yang komprehensif maka perlu memperhatikan beberapa aspek yang mengitarinya di antaranya dengan mendialogkan dengan konteks relita kekinian (kontekstualisasi) dan yang terakhir dengan menangkap makna universal dari hadis tersebut yang dikenal dengan istilah Maqasid al-Syari’ah. Bertolak dari sini sudah sanggup dipastikan bahwa cincin emas dan pengharamannya dikarenakan adanya ‘illat yang menyebabkannya sebagai indikasi dari keberagaman umat Islam yang tidak hanya berada pada satu kultur.
Kiranya demikianlah makalah yang sanggup penulis sajikan, ucapan terima kasih tak lupa disampaikan kepada bapak Drs, Muhammad Yusuf M.Ag selaku dosen pengampu Mata kuliah hadis dan Sosial Budaya dan pihak-pihak yang turut membantu penulis dalam menuntaskan makalah ini. Namun penulis menyadari bahwa di dalam makalah ini masih terdapat kekurangan dan kekeliruan, sehingga masih jauh dari kata sempurna. Kritik dansaran pembaca sangat penulis harapkan untuk perbaikan selanjutnya.
Catatan Kaki
[1] Hadits ini diriwayatkan Imam Bukhari, Shahih Bukhari kitab Al-Libas Bab Khawatim al-Zahab nomor 5414. CD ROM Mausu’ah Al Hadits Al Syarif .
[2] Lebih jelasnya buka: “Tahzib Al-kamal” dalam Maktabah al-‘A’lam Wa al-Tarajim al-Rijal, Islamic Global Software, 1991-1997, jilid 1 halaman 417, “Ta’dil wa al-Tajrih” dalam Maktabah al-‘A’lam Wa al-Tarajim al-Rijal, Islamic Global Software, 1991-1997, jilid 1halaman 62, “Taqrib al-tahzib” dalam Maktabah al-‘A’lam Wa al-Tarajim al-Rijal, Islamic Global Software, 1991-1997, jilid 1 halaman 42, “Tadzkirat al-Huffadz” dalam Maktabah al-‘A’lam Wa al-Tarajim al-Rijal, Islamic Global Software, 1991-1997, jilid 1 halaman 409.
[3] Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam al-Qur’an surat An-Najm’: وما ينطق عن الهوي إن هو إلا وحي يوحي
[4] Prof. T. Hasbie As-Siddiqie, Koleksi Hadis-hadis Hukum,
[5]Sunan An-Nasai, An-Nasa’I, kitab al-ziynah Bab Tahrim al-zahab ‘ala al-Rajuli No: 5057. CD ROM Mausu’ah Hadis al-Syarif, lihat juga Sunan Tarmizi, kitab Ma Ja’a fi al-harir wa al-Zahab kepingan Libas ‘An Rasulillah SAW no: 1642. CD ROM Mausu’ah Hadis al-Syarif Islamic Global Software.
[6] Al-Tirmidzi, Sunan al-Tirmidzi, no. 1666 (CD- Mawsu'ah al-Hadits al-Syarif, Global Islamic Software .Adapun evaluasi ulama perihal hadis ini ditunjukkan dengan kalimat berikut : قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ هَذَا أَصَحُّ شَيْءٍ رُوِيَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي هَذَا الْبَاب
[7] Ibn Hajar, Fath al-Bary, Man Ja’ala Fash Al-Khatn fi Bathn Kaffahu, Juz 16. DVD ROM al-Maktabah al-Syamilah ( Solo: Pustaka Ridwana, 2004). hlm. 457.
[8] Suryadi, Metode Kontemporer Memahami Hadis Nabi Persfektif Muhammad al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradhawi. ( Yogyakarta: Teras), hlm. 160-161.
[9] Muhammad al-Ghazali, Studi Kritis Atas Hadis Nabi Saw: Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual (Bandung: Mizan, 1994), hal. 111
[10] Muslim, Shahih Muslim (CD ROM. al-Maktabah al-Syamilah), juz 1, hal. 247
[11] Al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 14
[12] http://kemilau-investasi-emas.blogspot.com/
Daftar Referensi
Al-Qur’an dan Terjemahan
Ibn Hajar, Fath al-Bary, Man Ja’ala Fash Al-Khatn fi Bathn Kaffahu, (DVD ROM al-Maktabah al-Syamilah ( Solo: Pustaka Ridwana, 2004).
Tahdzib al-Kamal, CD ROM al-A’lam wa-al-Tarajim al-Rijal.
Tadzkirah al-Huffadz, CD ROM al-A’lam wa-al-Tarajim al-Rijal.
Taqrib al-Tahdzib, CD ROM al-A’lam wa-al-Tarajim al-Rijal.
Tsiqat ibn Hibban, CD ROM al-A’lam wa-al-Tarajim al-Rijal.
CD Mausu’ah al-Hadits al-Syarif. Fath al-Bari. Global Islamic Software, 1991-1997.
__________________________ Musnad Ahmad bin Hanbal. Global Islamic Software, 1991-1997.
__________________________ Shahih al-Bukhari. Global Islamic Software, 1991-1997.
__________________________ Shahih Muslim. Global Islamic Software, 1991-1997.
__________________________ Sunan al-Tirmidzi. Global Islamic Software, 1991-1997.
__________________________ Syarh Shahih Muslim. Global Islamic Software, 1991-1997.
Suryadi, Metode Kontemporer Memahami Hadis Nabi Persfektif Muhammad al-Ghazali dan Yusuf al-Qaradhawi. Yogyakarta: Teras.
Muhammad al-Ghazali, Studi Kritis Atas Hadis Nabi Saw: Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual (Bandung: Mizan, 1994), hal. 111
Muhammad al-Jamal, Ibrahim, Fiqih Wanita, (Semarang : al-Syifa), 1986.
Isma’il, Faisal, Paradigma Kebudayaan Islam, (Yogyakarta : Titian Ilahi Press), 1998.
http://kemilau-investasi-emas.blogspot.com/
Buat lebih berguna, kongsi: