Contoh Model Pembelajaran Unik, Menarik & Menyenangkan

Update Metode pembelajaran Unik Menarik & menyenangkan. Pada posting kali ini, blog guru-id.com ingin mengembangkan seputar metode Pembelajaran dan salah satunya yaitu yang menyenangkan bagi penerima didik. Sebagaimana yang bapak ibu guru pendidik ketahui, pembelajaran menyenangkan yaitu adanya pola relasi baik antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Guru memosisikan diri sebagai kawan mencar ilmu siswa, bahkan dalam hal tertentu tidak menutup kemungkinan guru mencar ilmu dari siswanya. Dalam hal ini perlu diciptakan suasana yang demokratis dan tidak ada beban, baik guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. (DR.Rusman, M.Pd, 2011, hlm.326). Artinya kalau tercipta suasana pembelajaran yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, bangkitnya minat belajar, adanya keterlibatan penuh, perhatian penerima didik tercurah, lingkungan mencar ilmu yang menarik, bersemangat, perasaan gembira, konsentrasi tinggi, maka bisa dikatakan pengajar telah menciptkan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan.

Sahabat pendidik, Ekspresi wajah seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang sedang berinterksi dengan pikirannya. Bentuk lisan yang keluar sanggup menyimpulkan suasana hati dan pikirannya, contohnya tersenyum itu artinya orang tersebut nyaman atau tertarik dengan apa yang disekitarnya. Wajah tanpa lisan atau yang biasa diistilahkan muka datar juga merupakan teladan lisan wajah yang ditimbulkan seseorang untuk mengekspresikan ketidaktertarikan perasaannya terhadap situasi yang sedang terjadi atau bisa jadi pikirannya tidak sedang ditempat/di situasi yang sedang terjadi, bisa dibilang tubuhnya disini tapi pikirannya disana. Makara apapun yang sedang terjadi di sekitarnya walaupun ramai ribut sekalipun tetap tidak dimengerti olehnya.

Terkait dengan Pembelajaran Menyenangkan

Nah bapak ibu guru pernahkah memperhatikan setiap lisan yang dikeluarkan pesrta didik anda selama proses mencar ilmu sedang berlangsung atau ketika bapak/ibu sedang menjelaskan materi pelajaran? Jika diperhatikan satu per satu maka akan terlihat lisan yang berbeda-beda dari setiap siswa. Semua guru/pendidik mengharapkan lisan yang menyenangkan dari semua siswa. Tersenyum, fokus dengan klarifikasi guru, sibuk memperhatikan dan mencatat di buku, bertanya yang relevan dengan apa yang dibahas. Terkadang apa yang diharapkan berbeda dengan kenyataan, sebagian siswa memasang lisan yang datar, resah bahkan terlihat terperinci lisan mengantuk di wajah mereka. Bagaimanakah membuat pembelajaran yang menyenangkan? Yang membuat semua lisan siswa sama yaitu menyenangkan.

Ada tiga hal penting pada dikala proses pembelajaran berlangsung. Ketiga hal ini akan memilih suatu pembelajaran itu menyenangkan atau bahkan sebaliknya.

Contoh Metode Pembelajaran Yang Menyenangkan

1. Metode Pembelajaran Menyenangkan Di Dalam Kelas

Ada beberapa belahan materi yang dianggap berat alasannya terlalu padatnya materi, siswa biasanya mengeluh, bisan bahkan mengantuk kalau mempelajari belahan tersebut. Para guru harus pandai-pandai mencari taktik dalam memberikan materi ibarat ini. Kombinasikanlah beberapa model pembelajaran supaya proses mencar ilmu tidak monoton. Materi pebelajaran yang berupa klarifikasi yang banyak jangan hanya memakai metode ceramah, hal ini tentu akan membuat siswa merasa didongengkan dan sudah terperinci mereka mengantuk.

Nah supaya pembelajaran menjadi menyenangkan, maka Gantilah model pembelajaran contohnya diskusi, tanya jawab, praktek langsung, atau bahkan bisa juga menambahkan kuis-kuis kecil yang akan membuat siswa sedikit terpacu ketika pembelajaran berlangsung bahkan bisa meningkatkan aktifitas siswa dan pada balasannya menghilangkan kebosanan siswa.

Berikut contoh pembelajaran menyenangkan di dalam kelas:

  • Cobalah mengajak siswa merubah suasana mencar ilmu setidaknya merubah posisi kawasan duduk di kelas yang tadinya posisi sejajar menghadap ke papan tulis diubah melingkar mengelilingi kelas atau dibentuk berkumpul menjadi satu meja di tengah ruang kelas.
2. Metode Pembelajaran Menyenangkan Di Luar Kelas
com ingin mengembangkan seputar metode Pembelajaran dan salah satunya yaitu yang menyenangkan b Contoh Model Pembelajaran Unik, Menarik & Menyenangkan

Sahabat edukasi, Kondisi kawasan mencar ilmu menghipnotis menyenangkan atau tidaknya aktivitas belajar. Coba bayangkan kalau kita terus menerus duduk atau berdiri pada posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama, terperinci mencicipi kebosanan yang memuncak, sama halnya dengan siswa yang selama ini duduk di kursi dan ruang yang sama sesudah beberapa kali pertemuan belajar.

berikut contoh pembelajaran menyenangkan di luar kelas

  • Jika perlu mencar ilmu di ruang lain contohnya ruang multimedia, laboratorium, auditorium atau ke luar ruang/di alam terbuka yang akan membuat siswa menemukan hal gres selama belajar. Dengan perubahan suasana mencar ilmu akan menambah semangat mencar ilmu dan merubah pembelajaran yang tadinya membosankan menjadi pembelajaan yang menyenangkan.
3. Metode Pembelajaran Interaksi antara guru/pendidik dan siswa/peserta didik

Dalam aktivitas pembelajaran terjadi proses pertransferan ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa. Tujuan pembelajaran dianggap tercapai apabila semua siswa memahami dan bisa menyerap serta mengingat materi pelajaran yang diberikan. Agar tujuan pembelajaran tercapai butuh proses pembelajaran yang menyenangkan. Interaksi antar guru dan siswa yang tidak terlalu tegang/rileks dan terjadi secara continu artinya selama proses pembelajaran guru menanyakan beberapa hal kepada siswa atau sebaliknya yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari. Guru harus cerdik membuat suasana pembelajaran menyenangkan yang tetap fokus pada pencapaian tujuan pembelajaran

berikut contoh pembelajaran menyenangkan dalam bentuk Interaksi

  • interaksi ice breaking berupa games atau hanya variasi tepuk tangan yang tidak menghabiskan waktu yang lama, hal ini akan sangat membantu untuk membuat semangat siswa kembali meningkat ketika sudah mulai mengantuk dan hilang konstrasi belajar.
  • Bentuk interaksi lainnya yang bisa dilakukan oleh seorang guru yaitu menawarkan perhatian lebih dengan motivasi-motivasi yang akan kembali menyemangati siswa untuk belajar. Hal ini bisa disisipkan selama proses pembelajaran atau bisa dilakukan pada simpulan pembelajaran belahan epilog sekaligus menambah motivasi mencar ilmu pada pertemuan pembelajaran berikutnya.
Download Macam-Macam Contoh Pembelajaran Menyenangkan - DISINI

Demikian share teladan pembelajaran yang menyenangkan. Semoga menawarkan manfaat untuk kita semua

Buat lebih berguna, kongsi: