Penilaian dilakukan untuk mengetahui nilai dari sesuatu. Dalam pelaksanaan program, evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui nilai semua hal yang berkaitan dengan acara pelaksanaan program, yaitu nilai anak, nilai guru, dan nilai program.
Untuk memperoleh nilai yang benar menggambarkan nilai bahu-membahu dari sesuatu atau anak yang dinilai, guru hendaknya memenuhi prinsip-prinsip evaluasi berikut
a. Menyeluruh
Penilaian secara menyeluruh maksudnya yaitu evaluasi dilakukan baik terhadap proses maupun hasil acara anak. Penilaian terhadap proses yaitu evaluasi pada ketika acara pelaksanaan jadwal tersebut sedang berlangsung. Sedangkan evaluasi terhadap hasil yaitu evaluasi wacana hasil kerja anak. Di TK, hasil kerja anak sanggup berupa hasil keterampilan tangannya berupa bentuk tertentu, menyerupai guntingan, gambar, roncean dll. Penilaian proses dan hasil dibutuhkan sanggup menggambarkan adanya perubahan sikap anak, baik yang menyangkut pengetahuan, sikap, perilaku, nilai serta keterampilan. Perubahan disebut nyata apabila berangsur-angsur dari yang ada menuju ke arah yang lebih baik.
b. Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara berencana, sedikit demi sedikit dan terus menerus. Hal tersebut dilakukan semoga gosip yang diperoleh betul-betul berasal dari citra perkembangan hasil berguru anak sebagai hasil didik dari acara pelaksanaan program. Penilaian direncanakan terlebih dahulu baik secara harian, caturwulan, maupun tahunan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, guru sanggup memakai catatan sehingga secara sedikit demi sedikit hasil evaluasi sanggup diketahui. Dengan cara demikian dibutuhkan diperoleh citra wacana kemajuan perkembangan hasil berguru anak sebagai hasil acara pelaksanaan program. Dengan prinsip tersebut akan cepat diketahui anak yang mengalami kesulitan atau permasalahan dalam perkembangannya.
c. Berorientasi pada proses dan tujuan
Penilaian pada pendidikan anak Taman Kanak-kanak dilaksanakan dengan berorientasi pada tujuan dan proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Penetapan acara diadaptasi dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak. KBK yang telah dirumuskan intinya telah diadaptasi dengan tugas-tugas pertumbuhan dan perkembangan anak usia TK. KBK tersebut sanggup dipakai sebagai rambu-rambu penilaian. Masing-masing tujuan dirumuskan indikatornya sehinggah lebih memudahkan dalam memberi nilai. Dengan demikian guru harus benar-benar menguasai irama dan tugas-tugas perkembangan anak usia Taman Kanak-kanak baik secara kelompok seusianya maupun individual.
d. Objektif
Penilaian harus memenuhi prinsip objektifitas. Penilaian objektif yaitu evaluasi yang sanggup menawarkan gosip yang bahu-membahu atau mendekati bahu-membahu wacana objek kemampuan atau perubahan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak. Guru harus memperhatikan perbedaan-perbedaan perkembangan pada setiap anak. Artinya guru tidak sanggup menawarkan interpretasi yang sama pada setiap sikap anak yang sama atau bersamaan. Perilaku yang sama dari beberapa anak mungkin saja terjadi tetapi akan mempunyai makna yang berbeda sesuai dengan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak. Guru harus tetap melihat anak sebagai individu yang unik, yang berbeda antara satu dengan yang lain.
e. Mendidik
Hasil evaluasi harus sanggup membina dan mendorong timbulnya impian anak untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh alasannya yaitu itu, hasil evaluasi harus dirasakan sebagai suatu penghargaan bagi yang berhasil dan sebaliknya merupakan peringatan bagi yang belum berhasil. Namun, guru harus ingat bahwa pada setiap diri anak terdapat kelebihan-kelebihan. Ada anak yang anggun menggambar, tetapi dalam bahasa belum baik. Mulai dari yang baik itu, guru member motivasi semoga perkembangan yang lain juga baik.
f. Kebermaknaan
Hasil evaluasi harus mempunyai makna bagi orang tua, anak didik dan pihak lain yang berkepentingan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal tersebut akan terpenuhi jikalau guru sanggup menawarkan nilai yang benar-benar menggambarkan ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anak dalam waktu kurun tertentu.
g. Kesesuaian
Penilaian memperlihatkan kesesuain antara hasil atau nilai yang diperoleh anak dengan apa yang dilakukan atau diajarkan guru. Artinya, nilai yang menggambarkan kemajuan pertumbuhan dan perkembangan anak itu memang benar-benar diperoleh dari acara pelaksanaan jadwal yang dilakukan guru di sekolah.
Buat lebih berguna, kongsi: