Selamat malam sobat bersahabat pendidik, pada peluang ini saya mencoba memaparkan pemikiran saya perihal Penelitian Tindakan Kelas atau disingkat PTK.
Sesudah sebelumnya dibahas ihwal PTK dalam artikel mengapa harus menyusun PTK, pada peluang ini saya ingin melanjutkan pembahasan terkait PTK khususnya ihwal khakikat PTK dengan judul post PTK sebagai metode peningkatan kinerja guru.
Apakah kualitas pembelajaran saudara sudah berkarakter atau mungkin masih kurang berkarakter, tentunya kualitas yang baik yang diharapkan.
Kualitas pembelajaran dikatakan baik apabila dalam pembelajaran tersebut, saudara laksanakan dengan penuh antusias dan pengabdian tinggi serta menerapkan strategi, model, metode maupun media yang tepat.
Pengaruh adanya kualitas pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran tersebut sanggup memotivasi akseptor didik untuk aktif dalam aktivitas berguru yang anda pimpin, dikatakan aktif apabila ketika KBM pikiran dan aktivitas siswa terserius dalam aktivitas berguru yang anda pimpin.
Sesudah sebelumnya dibahas ihwal PTK dalam artikel mengapa harus menyusun PTK, pada peluang ini saya ingin melanjutkan pembahasan terkait PTK khususnya ihwal khakikat PTK dengan judul post PTK sebagai metode peningkatan kinerja guru.
Latar belakang menyusun PTK
Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia pendidikan baik sebagai guru maupun sebagai dosen, maka tidak ada salahnya apabila saudara meluangkan waktu untuk instropeksi diri terkait dengan sejauh manakah kualitas pembelajaran yang saudara laksanakan?Apakah kualitas pembelajaran saudara sudah berkarakter atau mungkin masih kurang berkarakter, tentunya kualitas yang baik yang diharapkan.
Kualitas pembelajaran dikatakan baik apabila dalam pembelajaran tersebut, saudara laksanakan dengan penuh antusias dan pengabdian tinggi serta menerapkan strategi, model, metode maupun media yang tepat.
Pengaruh adanya kualitas pembelajaran yang baik yaitu pembelajaran tersebut sanggup memotivasi akseptor didik untuk aktif dalam aktivitas berguru yang anda pimpin, dikatakan aktif apabila ketika KBM pikiran dan aktivitas siswa terserius dalam aktivitas berguru yang anda pimpin.
Selain itu dengan kualitas pembelajaran yang baik maka tujuan pengajaran yang ditargetkan akan tercapai sehingga tercapai prestasi yang memuaskan yang sanggup dicapai siswa-siswa saudara.
Sedangkan kualitas pembelajaran dikatakan masih kurang berkarakter, sanggup diketahui dari minat berguru siswa rendah dalam mengikuti pembelajaran yang bapak atau ibu laksanakan, akseptor didik terlihat kurang termotivasi dalam pembelajaran yang bapak atau ibu laksanakan dan hal ini berujung dengan prestasi akseptor didik dibawah KKM atau hasil berguru masih rendah.
Sekarang saya kembali bertanya kepada saudara, seberapa berkarakter pembelajaran saudara? apabila kualitas pembelajaran yang saudara laksanakan sudah baik maka pertahankan, namun apabila kualitas pembelajaran yang saudara laksanakan masih kurang berkarakter mulailah saudara berbenah, renungkanlah apakah yang menjadi duduk masalah dalam pembelajaran saudara, apakah penerapan taktik atau model pembelajaran yang kurang tepat, ataukah media pembelajaran yang kurang berkarakter? Untuk mulai bergegas menuju pelaksanaan pengajaran yang berkarakter maka salah satu langkah yang sanggup ditempuh ialah dengan melaksanakan PTK.
Demikianlah pembahasan ihwal PTK sebagai metode peningkatan kinerja guru, biar artikel ini sanggup mengantarkan saya langsung dan saudara menjadi guru yang profesional yaitu guru yang memiliki kemampuan merencanakan proses berguru mengajar, melaksanakan dan memimpin aktivitas berguru mengajar, menilai kemajuan aktivitas berguru mengajar dan menafsirkan serta memanfaatkan hasil evaluasi kemajuan aktivitas berguru mengajar.
Sedangkan kualitas pembelajaran dikatakan masih kurang berkarakter, sanggup diketahui dari minat berguru siswa rendah dalam mengikuti pembelajaran yang bapak atau ibu laksanakan, akseptor didik terlihat kurang termotivasi dalam pembelajaran yang bapak atau ibu laksanakan dan hal ini berujung dengan prestasi akseptor didik dibawah KKM atau hasil berguru masih rendah.

Peran PTK dalam Peningkatan Kinerja guru
PTK memiliki tugas yang sangat penting bagi para pendidik, mengapa? hal ini alasannya ialah dengan melaksanakan PTK pendidik sanggup mendiagnosa duduk masalah dalam pembelajaran yang dilaksanakannya, setelah diketahui masalahnya maka pendidik sanggup membuat hipotesis ihwal solusi pemecahan duduk masalah yang dialaminya dalam proses pembelajaran, selanjutnya hipotesis tersebut dibuktikan secara ilmiah dan pada ahirnya melalui pelaksanaan PTK tersebut pendidik baik guru maupun dosen sanggup menemukan solusi terhapap duduk masalah yang dialaminya dengan demikian pembelajaran yang dilakukan akan semakin berkarakter dan meningkatkan kinerja guru.Demikianlah pembahasan ihwal PTK sebagai metode peningkatan kinerja guru, biar artikel ini sanggup mengantarkan saya langsung dan saudara menjadi guru yang profesional yaitu guru yang memiliki kemampuan merencanakan proses berguru mengajar, melaksanakan dan memimpin aktivitas berguru mengajar, menilai kemajuan aktivitas berguru mengajar dan menafsirkan serta memanfaatkan hasil evaluasi kemajuan aktivitas berguru mengajar.
Buat lebih berguna, kongsi: