Perencanaan mingguan disusun dalam bentuk planning acara mingguan (RKM). RKM merupakan klasifikasi dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indikator yang telah direncanakan dalam satu ahad sesuai dengan keluasan pembahasan tema dan subtema. baca: download panduan guru RA TK
Perencanaan mingguan sanggup disusun dalam bentuk, antara lain planning acara mingguan (RKM) model pembelajaran kelompok dan planning acara mingguan (RKM) model pembelajaran berdasar minat.
RKM model pembelajaran kelompok
a. Komponen RKM model pembelajaran kelompok yaitu sebagai berikut:
- Tema dan sub tema.
- Alokasi waktu.
- Aspek pengembangan.
- Kegiatan per aspek pengembangan.
b. Langkah pengembangan RKM model pembelajaran kelompok :
- Menjabarkan tema dan merinci subtema.
- Membuat matrik hubungan antara tema, subtema dengan kegiatan.
- Menjabarkan indikator menjadi kegiatan-kegiatan pada bidang pengembangan dalam agenda semester.
A. Perencanaan Harian
Perencanaan harian disusun dalam bentuk planning acara harian (RKH). RKH merupakan klasifikasi dari planning acara mingguan (RKM). RKH memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun klasikal dalam satu hari. RKH terdiri atas acara awal, acara inti, istirahat/makan, dan acara akhir.
1. Kegiatan awal
Kegiatan awal merupakan acara untuk pemanasan dan dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang sanggup dilakukan antara lain, contohnya berdoa/mengucap salam, membicarakan tema atau subtema, dan sebagainya.
2. Kegiatan inti
Kegiatan inti merupakan acara yang sanggup mengaktifkan perhatian, kemampuan, sosial dan emosional anak. Kegiatan ini sanggup dicapai melalui acara yang memberi kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen sehingga sanggup memunculkan inisiatif, kemandirian dan kreativitas anak, serta acara yang sanggup meningkatkan pengertian-pengertian, konsentrasi dan menyebarkan kebiasaan bekerja yang baik. Kegiatan inti merupakan acara yang dilaksanakan secara individual/ kelompok.
3. Istirahat/Makan
Istirahat/Makan merupakan acara yang dipakai untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan, contohnya mengenalkan kesehatan, masakan yang bergizi, tata tertib makan yang diawali dengan basuh tangan kemudian makan dan berdoa sebelum dan sehabis makan. Setelah acara makan selesai, anak melaksanakan acara bermain dengan alat permainan di luar kelas dengan maksud untuk menyebarkan motorik bergairah anak dan bersosialisasi. Kegiatan ini diadaptasi dengan kemauan anak, anak makan kemudian bermain atau sebaliknya anak bermain terlebih dahulu kemudian makan.
4. Kegiatan akhir
Kegiatan simpulan merupakan acara penenangan yang dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang sanggup diberikan pada acara akhir, contohnya membacakan dongeng dari buku, mendramatisasikan suatu cerita, mendiskusikan wacana acara satu hari atau menginformasikan acara esok hari, menyanyi, berdoa, dan sebagainya.
baca: Contoh dokumen kurikulum RA TK
Rencana acara harian (RKH) sanggup disusun dalam bentuk, antara lain RKH model pembelajaran kelompok, RKH pembelajaran menurut minat dengan sudut kegiatan, dan RKH pembelajaran menurut minat dengan area. Silahkan download pada link berikut ini:
Model dan Contoh RKM RKH RA TK
Demikian dari kami, biar bisa mambantu dan bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia. Amin...
Buat lebih berguna, kongsi: