Tugas Wakil Kepala Madrasah Untuk Masing-Masing Bidang


Untuk membantu kiprah kepala sekolah / madrasah, maka perlu adanya pembagian kiprah kependidikan kepada guru / personal yang sudah tercantum dalam struktur organisasi kelembagaan. Seperti waka (wakil kepala) kurikulum, kesiswaan, humas (hubungan masyarakat), sarana prasarana (sapras), wali kelas, keuangan / kebendaharaan, dan lain-lain.

Berikut ini sedikit saya mengulas pola kiprah wakil-wakil kepala sekolah / madrasah sesuai dengan bidangnya masing-masing:

Wakil Kepala Bidang Kurikulum


  1. Menyusun jadwal yang terkait dengan proses kegiatn berguru mengajar
  2. Menyusun kalender pendidikan khusus sekolah
  3. Membuat format-format KBM
  4. Menyusun pembagian kiprah mengajar guru
  5. Menyusun daftar piket guru
  6. Menyusun daftar guru yang diberi kiprah sebagai wali kelas
  7. Menyusun jadwal pelajaran
  8. Menyusun jadwal kegiatan penilaian yang mencakup : Ulangan Harian, Ujian Semester, Ujian Nasional
  9. Menghimpun hasil kerja guru yang terdiri-dari : Program tahunan, Program semester, RPP, Wahana Pembelajaran (Modul, Lomba Kompetensi Siswa dll), Grafik Ulangan Harian, Laporan sasaran kurikulum, daya serap, Kisi-kisi dan Kartu Sola.
  10. Mengkoordinasi dan menyerahkan hasil penyusunan perangkat mengajar guru
  11. Menyusun laporan kegiatan berguru mengajar
  12. Membina dan mengatur kegiatan MGMP
  13. Menyusun laporan kegiatan MGMP
  14. Melaksanakan pemilihan guru teladan
  15. Mengkoordinasikan pelaksanaan pemanis pelajaran atau bimbingan intensif
  16. Membuat laporan kegiatan

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan


  1. Bersama pengurus OSIS, menyusun jadwal kegiatan kesiswaan atau OSIS
  2. Membinan kemampuan berorganisasi melalui prinsip-prinsip manajemen
  3. Melaksanakan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan siswa
  4. Menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
  5. Mengadakan training dalam pemilihan pengurus OSIS
  6. Menyusun jadwal dan jadwal training terhadap pengurus OSIS
  7. Membina dan melakukan koordinasi jadwal Green School
  8. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan
  9. Melaksanakan pemilihan calon siswa penerimaan beasiswa
  10. Mengadakan seleksi siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
  11. Membantu sekolah dalam penerimaan siswa baru
  12. Menyusun jadwal kegiatan ekstra kurikuler
  13. Mengevaluasi kegiatan ekstra kurikuler
  14. Mengevaluasi kegiatan kesiswaan
  15. Mengatur pelaksanaan upacara bendera
  16. Merencanakan program pembinaan mingguan (setiap hari senin)
  17. Membuat laporan kegiatan

Waka Urusan Hubungan Kerjasama dengan Masyarakat (Hukermas)


  1. Membantu membina kekerabatan kerjasama antar sekolah, Pengurus Dewan sekolah dengan orang renta / wali murid Mengatur kegiatan-kegiatan. Yaitu: Pembinaan khusus siswa setiap hari senin, dan Pertemuan silaturrahmi dengan orang renta / wali murid
  2. Membantu menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah
  3. Membantu kekerabatan sekolah dengan lintas sektoral, adalah : Pemerintah daerah, Perguruan tinggi, Dunia Usaha / Dunia Industri, Pondok Ramadhan, Balai Latihan Kerja, Industri
  4. Mengkoordinasikan kegiatan peringatan hari-hari besar Nasional/Agama
  5. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan yang berafiliasi dengan kesejahteraan guru dan karyawan
  6. Mewakili Kepala Sekolah menghadiri rapat-rapat apabila Kepala sekolah tidak berada ditempat
  7. Mewakili Kepala Sekolah dalam menjalin kekerabatan dengan alumni
  8. Membuat laporan kegiatan
  9. Mengabsen Guru / Pegawai dalam kegiatan-kegiatan sekolah / upacara / rapat dinas

Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana


  1. Mendata kebutuhan sarana/prasarana yang diharapkan meliputi: Sarana fisik, Alat/ materi parktikum, Alat olah raga, Media pembelajaran, ATK, Alat-alat kebersihan, Bahan-bahan untuk kebersihan
  2. Membantu dan memonitor pengadaan penerimaan, dan pendistri -busian barang
  3. Bersama Tata perjuangan melakukan inventarisasi sarana / prasarana sekolah
  4. Mengadakan perawatan preventif sarana prasarana sekolah
  5. Menerima dan mengiventarisakan semua dari hasil sumbangan orang tua, komite sekolah, donatur dan masyarakat maupun dari pemerintah
  6. Membantu Kepala Sekolah mengadakan pembatalan barang
  7. Membuat laporan kegiatan
  8. Mengadakan koordinasi dengan tim pembelian dan akseptor barang terkait
  9. Mengusulkan kepada Kepala Sekolah wacana :a. Kebutuhan barang berikut pembiayaanya;b. Penghapusan barang perlengkapan
  10. Mengurus : a. Pengadaan barang habis pakai dan tak habis pakai; b. Penyimpanan atau pergudangan barang perlengkapan;c. Penyaluran barang perlengkapan;d. Pemeliharaan barang perlengkapan;e. inventarisasi barang perlengkapan
  11. Membuat : a. Statistik data barang perlengkapan;b. Analisis dan laporan pengelolaan barang perlengkapan
  12. Membanatu Kepala Sekolah memonitor/ memantau barang perlengkapan yang berkaitan dengan kerja tim pembeli dan akseptor barang, adalah : a. Memeriksa secara periodik Buku pembelian; b. Memeriksa secara periodik Buku penerimaan barang; c. Memeriksa secara periodik Buku Catatan barang non inventarisasi; d. Memeriksa secara periodik Buku Induk inventaris; e. Memeriksa secara periodik Buku Golongan Invevtaris; f. Memeriksa secara periodik Kartu Barang

Wali Kelas

a. Sebagai Supervisor:

  1. sebagai pengganti orang renta dan Kepala Sekolah dikelasnya
  2. merencanakan kegiatan secara kooperatif dengan murid kelas yang diasuhnya
  3. mengawasi pemilihan ketua kelas, perwakilan kelas serta pemilihan-pemilihan yang lain sekaligus mengukuhkan pengangkatan dilaporkan kepada kepala sekolah
  4. mengorganisasikan dan memberi pengarahan terhadap murid dalam rangka melakukan kegiatan berguru mengajar (intra kurikuler) dan extrakurikuler
  5. mengetahui dan mengadakan training secara rutin terhadap kesulitan-kesulitan murid kelasnya antara lain kesulitan : Dalam belajar, Hubungan antar teman, Hubungan dengan orang tua, Hubungan dengan masyarakat sekitar, Kehidupan sosial
  6. Membuat jadwal training mingguan yang melakukan setiap hari senin
  7. Mengembangkan dan membina kepemimpinan dan tanggung jawab, sehingga murid sanggup : Mengatasi kesulitan sendiri, Mengambil keputusan yang sempurna atas tanggung jawab sendiri, Berdiri sendiri/ mandiri
  8. Mengetahui kerawanan kelasnya menurut data yang ada dan cepat sanggup mengawasi kerawanan tersebut
  9. Dapat bekerjasama dengan BK (bimbingan konseling) dalam rangka mengawasi semoga BK ikut membantu menangani kasus murid
  10. Selalu menjaga tata tertib siswa dan bekerjasama dengan pembina tatib
  11. Melaksanakan jadwal silaturrahmi dengan orang renta siswa
  12. Selalu hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan siswa-siswanya

b. Sebagai administrator:

mengadakan pencatatan secara rutin terhadap langsung murid tentang:
Jumlah murid dalam kelasnya, Nama dan umur, Alamat rumah, Nama dan pekerjaan orang tua, Kelebihan dan keistimewaan, Kekurangan / kelemahan, dan Kegemaran / hobby.
Membuat peta kedudukan murid dalam kelas setiap semester / tahun yang mencakup :

  1. Peta presensi /absebsi
    • nama murid yang tidak pernah absen
    • nama murid yang sering absen
  2. Peta pelanggaran tata tertib
    • Nama murid
    • Jenis pelanggaran
    • Tempat pelanggaran
  3. Peta presentasi berguru
    • Nama murid yang berprestasi terbaik
    • Nama murid yang berprestasi baik
    • Nama murid yang berprestasi sedang

c. Memahami 12 langkah kepemimpinan:

  1. mengetahui kiprah pokoknya
  2. mewakili orang renta dan kepala sekolah dalam lingkungan kelasnya
  3. meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  4. membantu pengembangan kecerdasan
  5. membantu pengembangan keterampilan
  6. Mempertinggi kecerdikan pekerti dan memperkuat kepribadian
  7. Meningkatkan daya estetika anak didik khususnya dalam bidang kebersihan, keindahan dan kreasi seni
  8. Mengetahui jumlah anak didiknya
  9. Mengatahui nama anak didiknya
  10. Mengatahui identitas anak didiknya
  11. Mengatahui kehadiran anak didiknya setiap hari dikelas
  12. Mengatahui kehadiran anak didiknya yang mencakup ekonomi, sosial dan lain-lain
  13. Mengadakan penilaian terhadap anak didiknya wacana kelakukan dan kerajinannya
  14. Mengambil tindakan-tindakan untuk mengatasi masalah
  15. Memperhatikan Buku Raport, Kenaikan Kelas dan Ujian Nasional
  16. Memperhatikan kesehatan dan kesejahtraan anak didiknya
  17. Membina suasana kekeluargaan
  18. Melaporkan hasil kegiatan kepada kepala sekolah

d. Membantu kepala sekolah dalam kelancaran dan ketertiban pelaksanaan kegiatan-kegiatan sekolah baik rutin maupun insidental:

  1. ikut membantu ketertiban pelaksanaan upacara bendera dengan membawa murid-muridnya ke tempat upacara bendera sebelum kegiatan upacara
  2. selalu mendampingi murid-muridnya dalam kegiatan-kegiatan khusus contohnya : kegiatan-kegiatan OSIS, kegiatan-kegiatan karya ilmiah, dan kegiatan-kegiatan bakti sosial.
e. Membantu kepala sekolah dalam kekerabatan dengan kerjasama antara sekolah dengan orang tua
f. ikut membantu menuntaskan masalah-masalah atau kesulitan siswa
g. mengadakan kunjungan rumah apabila ada masalah-masalah khusus yang harus diselesaikan bersama orang tua

Wakil Kepala Bidang Keuangan / Bendahara


  1. Mencatat dan mempertangungjawabkan arus masuk-keluar kas keuangan sekolah.
  2. Mengurus dan mempertanggungjawabkan dana insentif, BKM, dan dana-dana lain dari pihak luar.
  3. Membuat rekapitulasi dan laporan posisi keuangan harian.
  4. Membayar segala tunjangan jabatan dan fungsional.
  5. Membuat laporan bersiklus kepada Kepala Sekolah.

Wakil Kepala Bidang Laboratorium Komputer dan Bahasa

  1. Sebagai pengelola Laboratorium Komputer dan Bahasa
    • Membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan :
    • Merencanakan pengadaan alat dan materi praktikum
    • Mengatur dan menciptakan jadwal penggunaan laboratorium
    • Membuat tata tertib penggunaan laboratorium
    • Menyusun tugas-tugas laboratorium
    • Mendata Frekuensi penggunaan laboratorium
    • Melengkapi sarana pendukung laboratorium, contohnya :
  2. Menyiapkan buku-buku pendukung, diantaranya :
    • buku inventaris
    • buku laporan alat-alat yang rusak atau hilang
    • tabel-tabel
    • buku catatan hasil kegiatan
    • LKS
  3. Membuat sturuktur organisasi laboratorium
  4. Mengadakan perawatan preventif terhadap alat-alat laboratorium
  5. Mengatur dan menciptakan jadwal penggunaan laboratorium
  6. Menginventarisasi dan mengadministrasi alat-alat dan materi praktik
  7. Menyusun/ menciptakan laporan setiap final tahun pelajaran
  8. Membina petugas pelaksana laboratorium (laboran)
Buat lebih berguna, kongsi: