Melakukan sebuah perjuangan akan terasa sangat membosankan ketika tidak ada orang-orang yang memperhatikan dan mempersembahkan apresiasi atas apa yang kita lakukan.
Berinteraksi dan Melibatkan Audiens Blog
Percayalah, saya sudah pernah mencicipi hal itu.

Bahkan saya pernah dicibir oleh mitra saya sendiri atas kegiatan ngeblog ini.
melaluiataubersamaini nada sedikit mengejek, ketika saya gres saja memulai ngeblog, dan diterima google adsense, dimana penghasilan perbulan saya ketika itu spesialuntuk Rp.12.000 saja, ia mengatakan:
"Wow, perjuangan yang menjanjikan..setahun belum tentu dapet satu juta.."
Ia menyampaikan itu sambil tertawa dan dihadapan banyak kawan-kawan kantor saya yang lain.
Apakah sebab ejekan itu, kemudian saya berhenti ngeblog?
TIDAK!
Saya tidak berhenti, bahkan itu menjadi cambuk buat aku, menjadi pelecut semangat saya untuk sanggup berhasil ibarat blogger-blogger yang sudah menikmati hasil jerih payah mereka.

Karena satu hal yang menjadi pegangan aku..Mereka bisa, mengapa saya tidak?
Kaprikornus saya harap, Anda juga tidak keluar dari ngeblog Anda, dan patah semangat jikalau perjuangan ngeblog anda tidak mendapat perhatian atau apresiasi atau mungkin bahkan ejekan baik itu dari mitra bersahabat anda ataupun dari audiens anda.
Akan tetapi, itu bukan berarti saya selalu tegar dan berpengaruh menghadapinya..ada kalanya diwaktu-waktu tertentu saya ingin menyerah, dan meninggalkan dunia blogging.
Namun sebab kuatnya cita-cita saya untuk berhasil, membuat saya urung dan pantang untuk menyerah.
Dan saya juga tahu bahwa Anda niscaya juga berpikir ibarat aku.
Bahwa Anda bukanlah orang yang praktis menyerah....
Kaprikornus saya tidak akan menganggap anda orang yang pantang menyerah, namun percayalah....
Ada kalanya anda akan menemukan diri anda dalam keadaan down..hilang semangat dan rasa ingin menyerah.
Bahkan mungkin ada beberapa dari Anda akan berhenti sejenak, atau menunda mengembangkan blog Anda ketika Anda tidak melihat ada kemajuan berarti di blog Anda.
Dan pada akhirnya, Anda akan menghilangkan daftar kiprah menulis blog anda dalam kegiatan rutin harian Anda.
jujur saja, pemicu semangat ngeblog yakni perhatian dan apresiasi dari para pembaca blog kita, para Audiens.
Iya, audiens yakni raja, jadi perlakukan mereka layaknya seorang tamu dan anda yakni seorang pelayan...(lihat: Bagaimana Teknik Menjadi Blogger yang Berguna dan Terkenal? Baca Ini!)
Dan jikalau blog kita sepi komentar, sepi tanggapan audiens, sepi nyinyiran mereka, maka lambat laun tapi pasti, semangat ngeblog kita yang berapi-api akan padam secara perlahan.
Karena itu, kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya bagaimana cara melibatkan pembaca pada blog yang kita bangun.
Mungkin taktik ini juga dipakai oleh blogger-blogger yang lain, namun setidaknya apa yang akan saya bagikan ini yakni hasil dari pengalaman saya sendiri.
Konten Berkualitas
Baiklah, mari kita mulai!
Sebelum kita melanjutkannya, balasan satu pertanyaan dari aku!
"Apa yang membuat blog Anda sangat istimewa?"
Saya rasa tiruana blogger sepakat, jawabanannya adalah: Konten. Betul Tidak?

Yang membuat sebuah blog tidak sama dengan blog yang lainnya yakni konten.
Walaupun blog tersebut mengulas suatu hal yang sama atau yang lebih dikenal dikalangan blogger yakni niche.
Yang membuat istimewa dari suatu blog yakni konten.
Saya jadi teringat bagaimana dulu saya memulai ngeblog.
Saat saya mendaftarkan blog saya untuk menjadi publisher google adsene, saya berkali-kali ditolak oleh google adsense.
Saya bingung, apa yang menjadikan blog saya hingga ditolak google adsense?
Sesudah saya pelajari dan baca alasan penolakan dari google adsense yakni sebab konten saya tidak memadai.
Kaprikornus jelas, konten yakni suatu hal utama dan terpenting dalam ngeblog, bukan tampilan atau templates blog nya.
Pembaca tidak akan tertarik dengan suatu blog yang tidak mempunyai konten yang memadai, walaupun tampilan blognya manis luar biasa.
Yang Dicari Orang di Internet
Baiklah…
Saya lanjutkan lagi....
Pertanyaan diberikutnya:
"Apakah Anda tahu, apa yang membuat konten Anda istimewa?"
Jawaban: Solusi + Cerita + Khasiat
IYA!
Ingatlah satu aturan dunia blogging: BERIKAN APA YANG PEMBACA BUTUHKAN!

Orang tidak akan melihat atau mencari sesuatu di internet, kecuali sebab mereka memang membutuhkan isu tersebut, dan sebab mereka ingin mencari solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.
Namun, secara umum, ada tiga hal yang pembaca ingin lihat di posting blog:
1. Solusi untuk Masalahnya:
Pembaca, akan sangat antusias dan terburu-buru meng-klik sebuah judul dari hasil pencarian dan membukanya sebab mereka pikir itu akan memmenolong mereka.
Ingatlah, bahwa mereka mencari solusi untuk masalahnya, dan terburu-buru mengklik untuk melihat isi konten tersebut.
Hal ini mungkin sebab mereka tidak ingin memmembuang-membuang waktu mereka dalam mencari, jadi mereka ingin cepat mengambil sesuatu yang bermanfaa.
Dan ketika pembaca menemukan solusi yang mereka inginkan, mereka akan mencobanya.
Namun jikalau ternyata konten tersebut terlalu banyak narasi dan ceritanya serta pada jadinya tidak mempersembahkan solusi apa-apa, mereka akan dengan cepat meninggalkannya..dan bounce rate blog andapun akan sangat tinggi.
misal: Blog Awambicara ini yakni blog mencar ilmu dan informasi. Berisi wacana mencar ilmu lulus tes CPNS, serta meliputi wacana isu seputar penerimaan CPNS. Selain itu blog ini juga meliputi wacana informasi-informasi terkena aturan di Indonesia, wacana bagaimana berhadapan dengan hukum, wacana aturan pidana, beracara di pengadilan, wacana aturan perdata, gugatan, permintaan, advokat dan yang lainnya.
2. Panduan wacana sebuah Topik:
Ada kalanya para pembaca blog ingin mempelajari banyak sekali hal dan menemukan tutorial yang sanggup memmenolong mereka.
Panduan atau how-to- atau jikalau di Indonesia kan "Bagaimana Teknik-", "Tips untuk-", "Teknik untuk-" dan lain sebagainya, yang cukup terkenal di blog.
Hampir setiap blogger, yang mengangkat tema/ niche wacana blog akan menulis postingan blog berupa panduan yang akan memmenolong pembacanya.
Tentang bagaimana langkah-langkah ngeblog, tips dan trik ngeblog dan lain sebagainya.
misal: Blog ini mengulas wacana contoh-contoh soal CPNS beserta kunci jawabanannya yang dilengkapi dengan tips dan trik menjawabannya. Panduan wacana bagaimana menjawaban soal tes cpns dalam waktu singkat, panduan menghemat waktu dalam menjawaban tes cpns. Blog ini juga mengulas wacana panduan beracara dipengadilan, mengajukan gugatan, permintaan, dan sebagainya.
3. Peralatan dan Sumber Daya yang Berguna Menyelesaikan Sesuatu:
Blgo Anda mungkin memperlihatkan beberapa alat yang mempunyai kegunaan dan bermanfaa untuk dibagikan dengan pembaca Anda di dalam konten atau secara eksklusif memdiberi tahu mereka di judul posting blog Anda.
Sesudah pembaca blog mengetahui bahwa Anda selalu membuatkan alat-alat hebat, mereka akan terus mengikuti dan menunggu artikel-artikel Anda diberikutnya.
misal: Blog yang mengulas wacana peralatan atau sumber daya yang mempunyai kegunaan menuntaskan suatu duduk kasus biasanya blog yang mengulas wacana pemograman, coding atau templates blog. Blog awambicara ini tidak mengulas wacana peralatan dan sumber daya ini, jadi sebagai pola Anda sanggup melihat blog dari kompi ajaib. Disana banyak dibagaikan tool-tool menarikdanunik seputar dunia blogging.
Pada dasarnya, pembaca mencari tiga hal utama tadi di internet.
Kaprikornus kini Anda sudah melihat dan tahu apa yang ingin dilihat oleh pembaca di postingan blog.
Langkah selanjutnya yakni bagaimana cara membuat postingan blog Anda menarikdanunik pembaca.
Bisa jadi ketika anda membaca blog kesukaan anda, Anda mungkin sudah terperangkap oleh sebuah taktik memikat pembaca yang diterapkan oleh penulis blog kesukaan anda.
Saya sendiri mengakuinya.
Saya mungkin memang sudah berada dibawah perangkap yang dibentuk oleh blogger kesukaan aku, namun saya menyukainya dan itu terasa sangat sangat bahagia...(I loved it..)
Sekarang, saatnya untuk mengetahui hal-hal apa saja yang membuat para pembaca untuk tetap terhubung dengan blog kita.
Hal ini sanggup menjadi sebuah dorongan yang secara tiba-tiba menyampaikan "HENTIKAN" atau "JANGAN LAKUKAN ITU".
Akan tetapi untuk sebagian besarnya, Anda harus ada di sana untuk memmenolong dan mendidik pembaca Anda, bukan spesialuntuk menyampaikan "HENTIKAN" atau "JANGAN LAKUKAN ITU".
Teknik Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens
Berikut ini tujuh cara untuk melibatkan pembaca blog Anda:
1. Masukkan Cuplikan Inti Artikel/ Konten di Awal
Banyak blogger yang melaksanakan ini dan saya juga.
Hal ini bahwasanya yakni taktik untuk membuat pembaca Anda siap secara mental bahwa sesuatu yang menakjubkan ada di sana dan mereka akan menyaksikan itu.
Cuplikan itu sendiri Berisi:
Anda sanggup memdiberi cuplikan berupa petunjuk wacana apa yang akan terjadi, mengapa mereka (pembaca) harus tetap melanjutkan membaca konten Anda.
Dan tunjukkan apa yang akan terjadi jikalau mereka terus membaca artikel tersebut hingga selesai.
Ketika tujuan Anda yakni untuk melibatkan pembaca di postingan blog Anda, dan Anda yakin bahwa konten Anda niscaya akan memmenolong mereka, kemudian lanjutkan.
Para pembaca akan merasa takjub ketika mereka tahu bahwa Anda akan mengungkapkan diam-diam Anda atau membagikan tips yang bagus kepada mereka.
misal: Anda sanggup lihat artikel saya wacana "Pihak Tanpa Sertifikat Menggugat Kepemilikan Tanah yang Bersertifikat".
2. Memdiberikan misal dalam Konten
Ketika Anda membentuk pandangan Anda dalam goresan pena blog Anda dengan kesederhanaan, keaslian, dan kejelasan, menjadi lebih praktis bagi audiens untuk memahami.
Dan ketika Anda menambahkan dengan memdiberi pola di konten Anda, bukan spesialuntuk memmenolong pembaca memahami konsepnya, tetapi juga membuktikan esensi pesan dari konten Anda.
misal: Anda sanggup lihat di konten atau artikel ini, dimana saya mempersembahkan beberapa pola dalam setiap panduan yang sudah saya diberikan. Atau anda sanggup melihat juga dari artikel-artikel saya yang lain, yakni: pembahasan soal CPNS, mencar ilmu bahasa inggris dan aturan di blog awambicara ini.
Memdiberikan pola dalam konten akan mempersembahkan Anda tiga manfaat, yakni:
1) - Memmenolong membangun kepercayaan audiens.
2) - Memdiberikan bukti yang autentik wacana sudut pandang Anda.
3) - Memdiberikan Anda efek untuk membuktikan topik.
Ketiga manfaat tersebut akan memmenolong Anda untuk lebih bersahabat dengan audiens yang diberinteraksi dengan Anda.
Ketika pembaca Anda memahami sudut pandang Anda dengan menolongan pola yang Anda gunakan, kemungkinannya yakni mereka akan selangkah lebih maju untuk mengikuti Anda.
Gunakan banyak sekali pola di posting blog Anda.
Jangan membuat diri Anda terjebak di bawah pertanyaan yang tidak pasti, seperti:
Berapa banyak pola yang harus saya menambahkan?
Bisakah saya menambahkan pola blog saya sendiri?
Haruskah saya menautkan ke orang lain sambil mengutip mereka dalam contoh?
Haruskah saya memakai tautan atau screenshot untuk menambahkan contoh?
Anda menginginkan perhatian, Anda menginginkan jangkauan sosial, dan Anda ingin lebih banyak membuatkan sosial.
Bagaimana? Apakah hingga ketika ini cukup terang untuk Anda?
Baiklah. Teruslah membaca ...
Banyak blogger dan motivator memakai pola untuk mendidik audiens mereka.
3. Seni Bercerita
Bercerita atau mendongeng bukan spesialuntuk sebuah seni tapi ini yakni sebuah seni yang luar biasa.
Ketika Anda mempunyai gaya, pengetahuan, dan semangat untuk melibatkan penonton, maka Anda harus melakukannya sebaik mungkin.
Bercerita yakni sesuatu yang sanggup memukau pendengar.
Anda pernah menonton film animasi malaysia "Pada Zaman Dahulu"?

Saksikanlah bagaimana belum dewasa Anda, atau keponakan Anda, atau bahkan Anda sendiri terpukau dan kagum dengan ceritanya? Dan tiruananya terlihat begitu nyata?
Baiklah…
"Aki atau Kakek" yang berperan di serial animasi tersebut memang mempunyai talenta menceritakan sebuah kisah atau dongeng dongeng.
Para salesman yang memperlihatkan dagangannya di komplek-komplek perumahan akan untung besar ketika mereka berhasil mempersembahkan dongeng atau kisah mereka yang sanggup memukau ibu-ibu kompleks disana.
Anda sanggup melakukannya dengan mengetahui diam-diam bagaimana membuat judul posting blog yang menarikdanunik dan memikat pembaca. (lihat: Teknik Membuat Postingan Blog yang Efektif Memikat Pembaca).
Buatlah pembaca ingin tahu wacana isi konten, dan pada jadinya orang ingin menyidik posting blog dan buletin Anda.
4. Jadilah Pemecah Masalah
Saya mempersembahkan isu yang saya harapkan sanggup menjadi solusi dan pemecah duduk kasus pembaca aku.
Saya tahu isu berupa solusi ini akan memmenolong saya dalam membuat kreasi konten, menulis lepas dengan lebih gampang.
Sedangkan untuk tool-tool blogging, ibarat templates, tool SEO, juga saya sertakan diblog ini.
Khusus untuk templates, saya tidak mempersembahkannya secara langsung, namun saya mengarahkan pembaca saya ke blog lain yang khusus mengulas wacana templates, ibarat kompi ajaib.
Untuk pencarian kata kunci atau keyword, saya memakai tool gratis ekstensi google chrome keywordeverywhare.
Semua alat itu sanggup memecahkan duduk kasus aku. Kaprikornus saya menyukai tool-tool tersebut, terutama sebab gratis tentunya.
Selain keywordeverywhere, untuk pencarian kata kunci atau keyword yang mempunyai volume pencarian tinggi beserta dengan tingkat persaingannya, saya juga memakai tool dari neil patel yakni ubersuggest.
Semua alat tersebut yang sudah saya sebutkan, yakni alat yang saya gunakan di blog awambicara saya ini.
Ingat, ketika Anda mulai memecahkan duduk kasus audiens Anda di niche Anda, mereka akan mulai menyukai dan menyayangi Anda ...
Anda mungkin tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya..
Orang-orang akan mulai mendengarkan Anda, mereka mulai sepakat dengan Anda, serta mereka mulai mengikuti jejak Anda.
Ingatlah selalu, semakin banyak orang mengikuti Anda, semakin Anda harus bertanggung jawaban.
Intinya adalah, jikalau Anda ingin membuat orang hadir ke situs web atau blog Anda, Anda harus menciptakannya menjadi sebuah alat yang mempunyai kegunaan untuk mereka.
Lakukan sesuatu yang memmenolong mereka ibarat yang sudah saya sebutkan tadi bahwa saya secara teratur memakai alat ibarat keywordeverywhere dan ubersuggest.
Mengapa?
Karena tool-tool ini memmenolong aku, itulah mengapa saya merekomendasikannya.
5. Gunakan Tangkapan Layar (Screecshot) untuk Menarik Pembaca
Berbicara wacana keterlibatan pembaca, screenshot bahwasanya memmenolong saya untuk menarikdanunik pembaca.
Saya selalu mengambil tangkapan layar/ screenshot jikalau saya mempersembahkan sebuah konten berupa panduan atau trik, ibarat pada konten: Tombol Share atau Bagikan Facebook HILANG? Begini Teknik Mengatasinya.
Saya perhatikan bahwa orang-orang menyukai tangkapan layar aku.
Kenapa?
Karena ini memmenolong mereka memahami maksud aku.
Dan Anda mungkin ingin melaksanakan hal yang sama di blog Anda.
Anda tentu tidak ingin membuat pembaca anda pergi begitu saja tanpa mendapat apa-apa di blog Anda bukan?
Untuk menghindari itu, Anda harus memakai setiap taktik yang memungkinkan untuk terus melibatkan mereka.
Jika Anda mengunjungi blog blogger-blogger terkenal lainnya dan hal itu pemdiberi efek untuk Anda ...,
....Anda akan melihat bahwa hampir tiruananya memakai tangkapan layar/ screenshot di postingan blog mereka, sebab taktik ini memmenolong mereka membuktikan banyak sekali hal ...
6. Tambahkan Sumber yang Beragam + Referensi
Mencampur media yang tidak sama dan menambahkan rujukan yang sempurna akan membuat konten Anda lebih bermanfaa dalam melibatkan pembaca.
Sumber yang bermacam-macam tidak spesialuntuk memmenolong Anda untuk mengotentikasi sudut pandang Anda tetapi juga menambah nilai pada pekerjaan Anda.
Blogger memakai banyak sekali situs untuk menambahkan rujukan di konten mereka.
Dari video YouTube, presentasi Slideshare, artikel, hingga e-book.
Mereka memakai rujukan dari tiruana hal yang memungkinkan dan tentu saja relevan.
Flipboard yakni platform yang luar biasa untuk menemukan konten terbaik yang diterbitkan dalam banyak sekali kategori.
Scribd memmenolong Anda menemukan e-book diberbagai kategori.
Semakin Anda membuat konten Anda bermanfaa, semakin banyak orang yang akan terlibat dengan Anda.
Alasannya sederhana, ketika Anda mempunyai artikel yang rinci dan bermacam-macam untuk ditampilkan, itu akan mempersembahkan citra artikel yang berbasis penelitian yang sanggup menggambarkan kerja keras Anda.
Dan orang-orang sangat menghormati sebuah hasil kerja keras.
7. Soroti Artikel yang Relevan
Orang biasanya tidak mengklik pada artikel terkait yang muncul di final artikel secara otomatis.
Mungkin sebab artikel tersebut keluar secara acak dan tidak ada sinergi apa pun antara artikel yang Anda baca dan artikel terkait yang muncul di footer atau artikel terkenal di sidebar.
Jika Anda perhatikan, tiruana blogger sebut artikel mereka yang relevan di konten mereka….
Atau yang biasa kita kenal dengan internal link.
Hal itu, juga sanggup anda lihat dikonten/ artikel "Teknik Berinteraksi dan Melibatkan Pembaca Blog/ Audiens Anda" ini.
Artinya, hal ini yakni taktik yang sangat mempunyai kegunaan untuk Anda adopsi.
Ada tiga manfaat menyoroti konten atau mempersembahkan tautan internal terkait yang diposting sebelumnya:
• Anda mendapat tautan internal di blog Anda
• Menurunkan Bounce Rate atau Rasio Pentalan
• Memandu pembaca dalam menemukan konten terkait
• Memmenolong search engine meng crawler konten/ halaman blog Anda dan diindeks dengan cepat dan baik oleh search engine.
Meskipun, peringkat hasil pencarian search engine bergantung pada banyak faktor yang tidak sama, tetapi saya mempunyai alasan untuk percaya bahwa penautan internal juga memmenolong situs mendapat peringkat lebih tinggi di mesin telusur.
Ketika Anda membuat tautan internal di blog Anda, maka itu akan memaksa Anda untuk selalu membuat konten yang lebih berkarakter lagi.
Hasilnya, Anda akan mendapat audiens yang akan jauh lebih terlibat pada Anda blog.
Apa yang akan Anda lakukan sekarang?
Saya tidak sanggup menerapkan banyak hal secara bersama-sama.
Karena dalam menerapkan suatu taktik baru, akan selalu membutuhkan waktu.
Tidak ada blogger yang menolak untuk mempunyai audiens yang selalu terlibat dengan mereka.
Karena audiens yang selalu terlibat akan senang mendengarkan Anda, menanti konten terbaru Anda, membuatkan konten Anda, dan tetap mengunjungi blog Anda.
Anda mungkin ingin memakai plugin posting terkait atau plugin terkenal post untuk melibatkan pembaca.
Tetapi kembali lagi, saya ingatkan bahwa Anda tidak sanggup memaksa seseorang untuk membuatkan konten Anda atau memaksa mereka untuk menyukai pekerjaan Anda.
Gunakanlah tiruana taktik yang sangat memungkinkan untuk melibatkan pembaca blog Anda.
Namun tetap dengan santun, sopan dan tentu saja lemah lembut.
Dari tiruana tools yang sudah saya sebutkan diatas, masih kalah jauh dan tidak akan ada yang sanggup menandinginya dengan alat yang satu ini:
APA ITU?
Alat terbesar yang sanggup Anda miliki yakni 'KONTEN BERKUALITAS' Anda.
Pembaca Anda harus tahu bahwa mereka dihentikan melewatkan konten Anda.
Sesudah Anda mulai membuat konten ibarat itu, Anda akan melihat lebih banyak orang akan mengomentari artikel Anda dan membuatkan dengan kawan-kawan mereka.
Apa lagi yang akan Anda lakukan untuk melibatkan pembaca blog Anda?
Jika anda mempunyai taktik yang lain, silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.
Intinya, teruslah berusaha untuk menghasilkan konten yang mempunyai kegunaan dan bermanfaa bagi orang lain. Selanjutnya, agar aturan alam yang menyelesaikannya. Semoga bermanfaa!
Buat lebih berguna, kongsi: