Sejak Google mengumumkan sedang melaksanakan update Algoritma Inti Google (Google Broad Core Algorithm Update) per 1 Agustus 2018 yang lalu, banyak para pakar SEO berspekulasi, tentang apa yang sedang dilakukan oleh Google ini.
Algoritma Google Terbaru
Bahkan tidak sedikit dari Professional SEO kebingungan, apa yang bahu-membahu dilakukan Google ini, apa yang berubah, dan menyerupai apa dampak yang terjadi pada situs web mereka.

Selain perubahan peringkat, tentu saja menyangkut hal-hal penting lainnya, terutama terkena faktor-faktor apa saja yang akan mempengaruhi peringkat web untuk kedepannya.
Untuk menenangkan para pelaku Search Engine Optimization (SEO) Google pun sudah mempersembahkan pernyataan resmi, sebagai diberikut:
This week we released a broad core algorithm update, as we do several times per year. Our guidance about such updates remains the same as in March, as we covered here: https://t.co/uPlEdSLHoX— Google SearchLiaison (@searchliaison) 1 Agustus 2018
Dan tentu saja, banyak yang tidak puas akan klarifikasi Google ini, sebagai tumpuan akhir tweet dari Kristine Schachinger @schachin
"Update besar oleh Google? sama dengan..sama dengan..sama dengan..sama dengan..!"
"Kami sangat berharap akan didiberitahukan apa yang bahu-membahu sudah di update"
"Terlalu banyak yang harus dilakukan disebuah situs web, untuk memenuhi ini, dan itu teramat sangat susah dilakukan. Memang bukan tidak mungkin, akan tetapi banyak memmembuang-membuang waktu dengan percuma".
Jadi, Apa bahu-membahu Update Algoritma Inti Google itu?
Pertama-tama akan kami jelaskan terlebih lampau tentang update algoritma yang dilakukan di Google Search Engine.
Google, selalu melaksanakan perubahan dan update setiap tahunnya, yang jumlahnya ratusan kali update. Artinya, hampir setiap hari Google selalu melaksanakan pembaruan Algoritma Search Engine nya.
Sedangkan untuk update-update besar yang mereka lakukan sudah sering kali kita dengar.
Sebut saja, Panda, Penguin, Pigeon, hummingbird, fred dan lain sebagainya (lihat: 9+1 Update Mayor Google Search Engine 2011-2018).
Namun, update besar algoritma google sebelumnya itu biasanya spesialuntuk mempunyai dampak pada hal-hal tertentu saja, sebagai contoh:
Algoritma Penguin, yang spesialuntuk untuk memberantas situs-situs web yang melaksanakan Spam link.
Atau Algoritma Pigeon, yang khusus memberantas praktek black hat SEO, menyerupai meningkatkan secara optimal SEO on page yang hiperbola dan sebagainya.
Intinya, setiap update inti dan besar dari Algoritma Google Search Engine biasanya mempunyai tujuan-tujuan tertentu.
Dan dalam kasus kali ini, Google spesialuntuk menginformasikan bahwa mereka sudah atau sedang melaksanakan pembaruan Algoritma inti Google search engine, dan spesialuntuk itu.
Google menginformasikan bahwa mereka mengadakan Update Inti (Core Update), yang kalau diartikan sama dengan bahwa Google sedang melaksanakan update algoritma utama dari search engine itu sendiri secara keseluruhan (core).
Seperti yang kita ketahui, Google mempersembahkan peringkat terhadap situs web/ blog dengan melihat faktor atau sinyal-sinyal yang didiberikan situs web/ blog kepada search engine dalam jumlah yang tidak sedikit.
Ada yang menyampaikan bahwa sinyal tersebut lebih dari 200 faktor. Ada juga yang menyampaikan bahwa google search engine mempunyai lebih dari 500 faktor untuk menangkap sinyal dari sebuah situs web/ blog untuk didiberikan peringkat dihasil penelusuran Google.
Jika sudah demikian, kalau kita melihat pengumuman Google tentang mereka sudah atau sedang melaksanakan update inti dari algoritma search enginnya, berarti google sudah melaksanakan update terhadap faktor-faktor penting dan utama dari 200 atau 500 lebih faktor tadi.
Oleh alasannya yaitu itulah, mereka mustahil mengungkapkan secara detail dan terang apa yang menjadi inti dari update core google algoritma ini, dan lantaran itu mereka pun spesialuntuk menyampaikan secara diplomatis.
Karena kalau mereka melaksanakan itu, menunjukan apa yang sudah mereka rubah atau perbaharui, menyerupai pada update besar terlampau semacam panda, pigeon, penguin dan sebagainya, maka mereka akan mengungkapkan apa yang menjadi inti dari algoritma search engine.
Dan kalau sudah begitu, maka Google Search Engine akan sangat praktis untuk dimanipulasi dalam hal pemdiberian peringkat pada sebauh situs web/ blog.
Jadi, bagaimana cara kita memahami Update Inti Algoritma Google Search Engine terbaru ini?
Teknik paling praktis yaitu dengan membayangkan bahwa, google sudah melaksanakan pembaruan terhadap beberapa faktor penting dari 200 atau 500 faktor pemeringkatan hasil penelusuran google tadi.
Ambil saja contoh, Google sudah melaksanakan perubahan 50 faktor dari 200 faktor tadi. Dan peringkat hasil penelusuran Google pun niscaya akan berubah.
Tapi tentu saja akan dilihat dari banyak sekali macam faktor, bukan pada beberapa faktor dan penyebab tertentu saja menyerupai Algoritma Penguin diatas, yang membabat situs web yang melaksanakan spam link.
Iya, memang tidak segampang pada update-update yang dulu, namun setidaknya itu sudah mempersembahkan citra pada kita, apa yang sudah dilakukan Google ini.
Inti dari Update Algoritma Google Terbaru
Namun, Google sudah mempersembahkan beberapa citra tentang update yang sudah dilakukannya ini, seperti:
Dalam Update Algoritma Inti Google ini, kami sudah:
- Meningkatkan nilai keyword didalam tag H1 (Header) sampai 2%
- Meningkatkan nilai HTTPS sampai 18%
- Menurunkan nilai keyword di Title Tags sampai 9%
- Merubah nilai D di perhitungan PageRank kami dari .85 ke .70
- Mulai memakai TF-iDUF, yakni metode pengumpulan data dari logged in user (pendaftaran/ kembalinya pengguna) dari pada cara logged in tradisional memakai metode TF-PDF
INI yang dilakukan Google dalam pembaruan algoritma inti mereka.
Hanya saja, apakah ini ialah hal yang benar atau tidak, tidak ada yang tahu dengan pasti. Kecuali pihak Google itu sendiri.
Banyak pakar SEO yang mungkin tidak memahami hal ini. Pada dasarnya, pada dasarnya yaitu Google mungkin melaksanakan perubahan terkena bagaimana mereka menilai dan mengkalkulasi apa yang ada di halaman situs web.
Menilai sinyal-sinyal yang dikirimkan situs web kedalam algoritma inti Google.
Menilai seberapa besar backlink mempersembahkan imbas terhadap peringkat sebuah situs web dihasil penelusuran Google.
Atau menilai keduanya, baik itu sinyal-sinyal SEO dihalaman situs web, atau backlink ke situs web tersebut.
Atau bahkan mungkin tiruana faktor yang ada.
Dan pihak Google tidak akan pernah mempersembahkan jawabanan yang niscaya tentang itu.
Singkatnya:
Google, merubah faktor-faktor yang paling penting dan bernilai dari bermacam-macam macam faktor rangking search engine mereka.
Itu klarifikasi simpel dan gampangnya.
Lebih detailnya:
Google sudah menjalankan model gres di mesin penelusuran mereka dalam menilai model rangking situs web yang baru, yang diperlukan akan mempersembahkan hasil yang paling relevan dibandingkan dengan mesin penelusuran yang dulu, dan para pakar SEO tidak mengetahui faktor ranking yang utama yang mana yang akan mempersembahkan nilai lebih pada mesin penelusuran google yang gres ini, dan bagaimana cara kerja mesin penelusuran dikala ini.
Google sudah menjalankan model gres di mesin penelusuran mereka dalam menilai model rangking situs web yang baru, yang diperlukan akan mempersembahkan hasil yang paling relevan dibandingkan dengan mesin penelusuran yang dulu, dan para pakar SEO tidak mengetahui faktor ranking yang utama yang mana yang akan mempersembahkan nilai lebih pada mesin penelusuran google yang gres ini, dan bagaimana cara kerja mesin penelusuran dikala ini.
Yang mempersembahkan peringkat situs web/ blog bahu-membahu yaitu pengguna google search engine. Artinya, mesin penelusuran google memakai algoritma yang satu dan berubah kepada yang lainnya, yaitu untuk menilai pengguna google, bukan untuk menilai situs web/ blog. Tapi, bagaimana cara mereka memasukkan situs web yang berkarakter kedalam hasil search engine melalui algoritma mereka, yang berkhasiat dan relevan bagi pengguna.
Apa yang harus dilakukan pemilik situs web/ blog atas pembaruan algoritma inti google terbaru ini?
Pembaruan ini tidaklah menyerupai pembaruan yang sudah ada sebelum-sebelumnya, yang spesialuntuk menargetkan pada hal-hal tertentu saja.
Pembaruan Algoritma inti Google terbaru ini mengubah segala sesuatunya, sehingga memaksa kita untuk lebih memahami dan mencar ilmu lebih dalam lagi tentang SEO.
Karena, sebuah situs web yang bernilai dan berbobot dihasil penelusuran Google akan selalu disandingkan dengan situs web lain yang sama atau relevan yang juga bernilai dan berbobot.
Dan apa yang menjadi penyebab situs web kita rangkingnya turun atau bahkan mungkin ada yang meningkat, alasannya sanggup sangat tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.
Karena itulah, mungkin.., Google tidak sanggup mempersembahkan klarifikasi bagaimana cara memperbaiki, atau mengembalikan situs web kita yang mengalami penurunan peringkat.
Karena setiap situs web, mempunyai cara tersendiri dalam mengoptimalkan SEO nya dari banyak sekali kueri tertentu, dan tidak sama. Sehingga kalau google harus mempersembahkan sebuah klarifikasi terhadap sebuah situs web, tentu akan tidak sama penanganannya terhadap situs web yang lain.
Bisa jadi, situs web yang tadinya berada pada peringkat pertama hasil penelusuran Google akan turun peringkat lantaran mereka tidak mempersembahkan keyword sasaran mereka di tag H1.
Atau bahkan sebaliknya, situs web yang tadinya mungkin berada dihalaman kedua Google akan berada di peringkat pertama Google lantaran mereka sudah menerapkan keyword sasaran di tag H1 situs web mereka.
Bahkan, bukan mustahil pembaruan Algoritma Inti Google terbaru ini tidak akan mempersembahkan dampak apa-apa pada situs web/ blog anda.
Untuk menemukan dan mencari faktor-faktor apa saja yang menjadi sinyal terkuat untuk Algoritma Google Search Engine dari sebuah situs web dan memmenolong pesaing-pesaing mereka tentu tidak gampang.
Karena itulah, para pakar professional SEO akan tetap dan selalu dicari oleh perusahaan-perusahaan besar demi memmenolong meningkatkan peringkat situs web mereka.
Teknik Menghadapi Update Algoritma Google Terbaru
Mengulang-ngulang kembali apa yang sering dikatakan Google dan para pakar SEO itu sendiri, cara terbaik menaklukkan setiap update atau pembaruan algoritma utama atau inti terbaru dari Google search engine adalah:
Tetap serius pada:
- Niat Pengguna, yakni apa yang dicari dan diinginkan pengguna
- Konten berkarakter.
- Situs web yang membersihkan, dan cepat.
- Sesuai dengan Pedoman Google.
Mungkin klarifikasi diatas tidak sanggup menjawaban tiruana pertanyaan Anda secara keseluruhan, tentang apa yang terjadi bahu-membahu didalam update terbaru Algoritma inti Google ini.
Namun, percayalah.., tidakboleh pernah berhenti untuk terus berusaha meningkatkan peringkat situs web/ blog Anda di hasil penelusuran Google, walaupun dikala ini situs web Anda berada pada peringkat 1 untuk kata kunci andalan Anda.
Karena, situs web/ blog yang berada diperingkat ke 2, ke 3 dan seterusnya, tidak akan pernah berhenti untuk menggeser posisi rangking situs web Anda.
Semua sepakat, SEO itu tidak praktis untuk ditaklukkan. Karena itu, evaluasi kualitas dari pengguna Google lah yang mempersembahkan hasil peringkat sebenarnya.
Untuk itu, tidakboleh pernah untuk berhenti menghasilkan konten yang berkarakter, konten yang bermanfaa, konten yang mempersembahkan solusi bagi segala permasalahan yang dihadapi pengguna.
Buat lebih berguna, kongsi: