Teknik membuat surat lamaran kerja pada pada dasarnya ialah sebut di mana Anda menemukan informasi ihwal peluang atau lowongan kerja tersebut dan bagaimana Anda bisa mempersembahkan bantuan besar pada perusahaan kawasan anda melamar pekerjaan.
Teknik Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Memdiberikan lebih banyak informasi ihwal pengalaman dan kualifikasi Anda kepada perusahaan di paragraf utama. Jelaskan kepada perusahaan bahwa Anda ialah kandidat terbaik dan akhiri surat lamaran pekerjaan dengan mengundang manajer perekrutan untuk menghubungi Anda.
Bagaimana cara mempersiapkan dan membuat surat lamaran kerja Anda, dan referensi dari surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar biar bisa diterima oleh perusahaan, ada baiknya Anda meneruskan untuk membaca arikel ini hingga selesai.
1. Mempersiapkan Surat Lamaran Kerja
A. Ambil selembar kertas dan buatlah tabel dengan dua kolom.
Di kolom kiri tulis "Yang Dibutuhkan" dan di sebelah kanan, "Keahlian Saya".
Baca lowongan atau lamaran pekerjaan dengan seksama dan jadilah bersahabat dengan persyaratan-persyaratan lowongan pekerjaan tersebut. Selanjutnya Anda bandingkan keahlian dan pengalaman Anda di resume Anda.
Di kolom sebelah kiri tuliskan persyaratan dan keterampilan yang diharapkan untuk pekerjaan itu. Sedangkan di kolom sebelah kanan tuliskan poin dari resume Anda yang sesuai dengan itu.
Memiliki poin-poin penting yang berkorelasi dengan pekerjaan ini akan sangat memmenolong Anda mempersembahkan informasi yang paling penting dalam surat lamaran Anda dengan cepat dan efektif.
B. Awali Surat Lamaran Pekerjaan Anda dengan Menambahkan informasi kontak Anda di bab atas.
Tentu Anda ingin menciptakannya bab HRD atau perekrutan dari perusahaan kawasan anda melamar pekerjaan sanggup dengan praktis mengetahui ihwal Anda dan praktis menghubungi Anda.
Sebelum Anda mulai membuat surat lamaran pekerjaan, pastikan kop surat sudah dibentuk dengan baik dan benar.

Pastikan dokumen ihwal Anda sejajar dengan bab kiri.
Sertakan tanggal sekarang, kemudian pisahkan spasi, dan menambahkan informasi kontak Anda:
Nama :
Alamat :
Nomor telepon :
Alamat email :
Situs langsung (jika ada) :
Profil LinkedIn :
C. Sertakan informasi ihwal perusahaan kawasan Anda melamar pekerjaan.
Sesudah selesai membuat informasi ihwal diri Anda, selanjutnya ialah memasukkan nama majikan yang Anda lamar untuk pekerjaan itu, termasuk jabatannya, nama perusahaan dan alamatnya.

melaluiataubersamaini memasukkan informasi kontak perusahaan kawasan Anda melamar pekerjaan, Anda menunjukkan bahwa Anda sudah meluangkan waktu untuk menulis surat lamaran atau aplikasi khusus lamaran pekerjaan ke perusahaan ini, dan sudah melaksanakan penelitian mendalam terkena manajer perekrutan untuk posisi tersebut.
Melakukan hal ini, menunjukkan bahwa Anda sudah menempatkan diri Anda di depan dari sebagian besar aplikasi/ surat lamaran pekerjaan yang masuk atau pelamar lain ke perusahaan tersebut, serta menunjukkan bahwa Anda ialah seseorang yang berdedikasi tinggi.
Namun, kalau Anda tidak tahu nama manajer perekrutannya, artinya anda tidak menemukan informasi banyak di pengumuman lowongan pekerjaan yang anda terima, maka yang harus anda lakukan ialah dengan menelusuri situs web perusahaan tersebut untuk mengetahui dan menemukannya.
Jika anda tidak menemukan disitus resmi perusahaan kawasan anda melamar, carilah di aplikasi LinkedIn, dan bila perlu cari di Twitter.
Seandainya, Anda tidak juga sanggup menemukan nama tertentu yang lebih tepat untuk anda surati terkena lamaran pekerjaan anda, maka anda bisa mencari kepala departemen atau kepala bagiannya kawasan Anda melamar.
Dan apabila tiruana perjuangan anda dalam mencari nama yang tepat untuk anda surati dalam surat lamaran pekerjaan anda gagal dan tidak menemukan nama yang tepat, anda tidak harus menyerah. Anda bisa membuat surat lamaran pekerjaan Anda kepada departemen/ bab manajer perekrutan/ penerimaan.
misal: "[Bagian/ Departement] Manager HRD (Penerimaan Pegawai)".
D. Sebutkan nama orang dari surat lamaran yang anda tulis.
Dalam memulai membuat surat lamaran kerja Anda, jadikanlah surat lamaran yang formal dan mulailah dengan mengalamatkan surat lamaran tersebut dengan tepat.

Jangan pernah sekali-kali anda membuat dan mengawali surat lamaran pekerjaan dengan kata-kata:
"Yang terhormat, Kepada yang Berkepentingan",
Jika anda memulai membuat surat lamaran kerja dengan kalimat tersebut, akan bersifat informal, umum, dan memdiberi kesan bahwa Anda belum mereview perusahaan tersebut, yang artinya anda tidak mempunyai kemauan dan perjuangan yang keras untuk mendapat pekerjaan tersebut.
Sekali lagi, kalau Anda sudah melaksanakan penelitian, dan mempunyai nama yang tepat untuk anda surati, contohnya nama manajer perekrutan (Mguajer HRD), maka anda akan sangat praktis sekali untuk memulainya. misal:
"Yang Terhormat, Tn. Badrun"
2. Menulis Surat Lamaran Pekerjaan
A. Tulislah sebuah paragraf pertama yang menarikdanunik.
Para pengusaha/ pemilik perusahaan sudah membaca banyak surat pengantar, dan sebagian besar manajer perekrutan (HRD) akan menandai mereka dengan cepat dan memutuskan apakah surat lamaran pekerjaan Anda masuk ke kawasan sampah ataukah ditumpukan dalam daftar "simpan".

Jangan anggap sepele, perlakukan surat lamaran pekerjaan Anda layaknya sebuah artikel diberita.
- Pembukaannya dengan pernyataan deklaratif yang berpengaruh yang memdiberi tahu pembaca bahwa Anda bersemangat untuk mengajukan posisi tertentu di perusahaan tersebut.
- Buatlah secara ringkas dan spesifik ihwal apa yang membuat Anda tertarik akan posisi pekerjaan tersebut. Tentang apa yang anda sukai dari perusahaan? Bila perlu diberikan sebuah contoh, serta tidakboleh takut untuk menjadi lebih sedikit santai namun tentu saja anda harus melihat bagaimana karakteristik dari perusahaan kawasan anda melamar pekerjaan, yang sudah anda teliti sebelumnya.
- Tunjukkan kepada manajer HRD bahwa Anda tidak spesialuntuk mengenal ihwal pekerjaan perusahaan itu, namun juga anda cocok akan posisi tersebut, dan tulislah dengan gaya bahasa yang sama dengan perusahaan kawasan anda melamar pekerjaan.
misal: Jika Anda melamar pekerjaan ke perusahaan yang menulis artikel diberita, cobalah untuk mewujudkan nada yang serupa dengan artikel tersebut. Apakah mereka fokus, apakah mereka menambahkan sedikit humor? Jika perusahaan itu lebih formal menyerupai perusahaan pemamasukan atau forum keuangan besar, Anda mungkin ingin lebih berwibawa, akan tetapi selalulah bersikap sopan.
B. Kenalan sebagai Referensi Aplikasi Lamaran Pekerjaan Anda.
Sebelum anda melamar pekerjaan, lakukan terlebih lampau penelitian dan lihat apakah Anda mengenal seseorang di perusahaan itu.
Hal ini bukanlah yang termasuk dalam nepotisme, namun kalau anda mempunyai kenalan diperusahaan kawasan anda melamar pekerjaan, akan lebih baik kalau anda mempunyai seseorang sebagai referensi, dan tidakboleh takut untuk sebut nama kenalan anda bahwa anda mengetahui ihwal lowongan pekerjaan tersebut dari kenalan Anda kalau hal itu diperkenankan oleh kenalan anda, dalam surat lamaran pekerjaan yang anda buat.
Namun, kalau Anda tidak mempunyai kontak atau kenalan di perusahaan yang memdiberitahukan ihwal lowongan pekerjaan tersebut, anda akan tetap bisa melanjutkan untuk memasukkan aplikasi lamaran pekerjaan anda dengan sebut anda melihat lowongan pekerjaan ini menyerupai melalui situs kerja, situs perusahaan, di koran, dan sebagainya.
C. Jelaskan Mengapa mempekerjakan Anda akan menguntungkan Perusahaan.
Anda tentu tidak ingin memdiberi tahu mereka bahwa pekerjaan tersebut akan mempersembahkan laba kepada anda, artinya tidak memdiberitahukan kepada perusahaan betapa anda putus asanya ingin mendapat pekerjaan atau dengan kata lain mengemis pekerjaan bukan?
Perusahaan dalam membuka suatu lowongan pekerjaan, untuk posisi tertentu, biasanya ada problem yang dihadapi perusahaan tersebut yang belum dan perlu untuk dipecahkan dan diselesaikan.
Disini Anda hadir untuk menyelesaikannya, dengan kata lain anda hadir untuk mempersembahkan laba kepada perusahaan.
Lihatlah daftar pencapaian dan pengalaman kerja Anda dan temukan satu atau dua referensi yang sanggup Anda ungkapkan didalam surat lamaran anda.

Dalam hal ini, anda harus menyoroti betapa besar dan hebat tugas anda nantinya.
Misalnya: Jika Anda melihat bahwa jabatan tersebut memerlukan seseorang yang sanggup memimpin tim dan menangani banyak proyek sekaligus, lihatlah prestasi Anda untuk melihat apakah Anda mempunyai pengalaman yang sanggup memecahkan kebutuhan itu. Jika Anda sudah memimpin anggota tim sebelumnya, bicarakan secara singkat bagaimana kemampuan kepemimpinan Anda meningkatkan produktivitas di banyak proyek.
Jika anda harus mempersembahkan statistik dan angka, maka lakukanlah. Ketika anda menunjukan mengapa mempekerjakan Anda akan membawa laba bagi perusahaan, cobalah untuk memakai statistik menyerupai kenaikan pendapatan atau pengurangan biaya di bawah kepemimpinan Anda.
D. Buat Ringkasan singkat ihwal kemampuan, kualifikasi, dan pengalaman Anda.
Dalam paragraf kedua, Anda ingin mencerminkan kualifikasi pekerjaan menjadi dua atau tiga kemampuan dan pengalaman Anda yang menunjukkan mengapa Anda tepat untuk posisi tersebut.
Lihat CV atau resume Anda, dan bab ketrampilan Anda dari garis besar Anda untuk klarifikasi lebih lanjut ihwal kualifikasi dan keterampilan Anda.

Carilah guakdot cepat yang menyoroti bagaimana Anda bisa menuntaskan problem yang mungkin diajukan perusahaan Anda menurut persyaratan lamaran pekerjaan itu.
Sertakan aspek yang paling relevan dalam karir Anda. Sementara pencapaian yang lebih gres ialah kawasan yang baik untuk memulai, Anda mungkin pernah melaksanakan sesuatu di masa kemudian yang sangat sesuai dengan persyaratan; Jangan takut untuk menggali lebih jauh.
E. Gambar diri Anda yang tidak ada di resume lamaran pekerjaan Anda.
Seorang Manajer HRD (penerimaan) sanggup membaca CV atau resume Anda dan melihat apa yang sudah Anda lakukan di pekerjaan sebelumnya.
Anda sanggup menunjukkan kepada manajer perekrutan siapa orang di balik pencapaiannya. Dalam satu atau dua kalimat, ungkapkan bagaimana perusahaan sudah mempengaruhi Anda secara pribadi. Jika Anda melamar pekerjaan harapan Anda, kemungkinan perusahaan ini sudah membentuk hidup Anda.
Jangan terlalu sentimental, dan jaga biar surat lamaran anda tetap pendek. Tapi dengan menunjukkan sisi diri Anda dengan sebuah cerita, Anda menunjukkan bahwa Anda lebih dari sekadar fakta di selembar kertas.
3. Finishing Surat Lamaran Pekerjaan Anda
Buat ringkasan singkat mengapa Anda kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu dalam satu kalimat.
Mengakhiri surat lamaran pada catatan yang benar ialah bab yang sangat penting dari surat lamaran pekerjaan, alasannya sanggup memmenolong Anda ketahap wawancara.
Ketika Anda menunjukan bagaimana Anda sanggup berkontribusi pada perusahaan. Tempatkan diri Anda pada posisi manajer perekrutan (HRD). Yakni, ihwal bagaimana bantuan Anda akan memmenolong perusahaan, bukan bagaimana perusahaan akan memmenolong Anda.
Tanyakan pada diri Anda apa yang akan Anda cari dari kandidat atau calon pelamar pekerjaan kalau Anda ingin mempekerjakannya.
Mintalah Manajer perekrutan (HRD) untuk menghubungi Anda.
Beritahu pembaca surat lamaran pekerjaan Anda bahwa Anda akan menyukai peluang untuk berbicara lebih jauh ihwal posisi tersebut dan diberikan info kontak Anda, sekali lagi.
Anda sanggup menyimpulkan surat Anda dengan mengucapkan terima kasih kepada manajer perekrutan (HRD) dan diakhiri dengan sebuah pernyataan menyerupai saya berharap sanggup mendengar kabar dari Anda paling awal.

Jangan spesialuntuk meminta manajer perekrutan untuk menghubungi Anda kalau ia merasa cocok. Tunjukkan kepercayaan diri (tapi tanpa sombong) dengan menyampaikan kepadanya bahwa Anda berharap bisa berbicara lebih jauh.
Mengakhiri Surat Lamaran Pekerjaan.
Mengakhiri surat lamaran pekerjaan bisa membuat anda merenung, atau mungkinmenjadi sedikit putus asa kalau Anda tidak tahu apa yang sesuai untuk anda tulis.
Gunakanlah "Hormat Saya" atau spesialuntuk "Salam Hormat".
Terlalu formal juga tidak baik, alasannya bisa saja menyakiti diri Anda, alasannya mungkin anda tidak sadar, atau mungkin tidak sesuai dengan gaya tamat dari surat lamaran kerja Anda.
melaluiataubersamaini menyampaikan sesuatu menyerupai "Hormat Saya," atau "Salam Hormat,", Anda menunjukkan rasa hormat tanpa terdengar menyerupai Anda sedang menulis sebuah surat cinta.
Tuliskan nama Anda di bawahnya.
Sesudah Anda mengakhiri surat lamaran pekerjaan anda, tulis nama lengkap Anda di baris terakhir, termasuk tanda tangan anda.

Anda sanggup memasukkan nama anda setelah anda membuat tanda tangan, atau dibawah tanda tangan anda.
Alternatif lainnya, Anda sanggup mencetak surat lamaran pekerjaan Anda dan kemudian gres menanhadiraninya kemudian.
Meski metode ini mengharuskan Anda harus membaca kembali surat lamaran Anda ke komputer.
Namun demikian, surat lamaran pekerjaan tidak selalu harus membubuhkan tanda tangan.
Buat lebih berguna, kongsi: